alexametrics

Anti Canggung Bertemu Teman Lama, 5 Hal Perlu Diperhatikan Saat Mengobrol

Lintang Larissya
Anti Canggung Bertemu Teman Lama, 5 Hal Perlu Diperhatikan Saat Mengobrol
Ilustrasi Ngobrol dengan Teman Lama. (pexels.com)

Pertemuan dengan teman lama yang sudah bertahun-tahun tidak bertemu tentu akan membuat Anda khawatir dengan topik yang akan dibicarakan. Dilansir dari klikdokter.com — Gracia Ivonika, M. Psi., Psikolog menjelaskan bahwa sebelum memulai percakapan dan pertanyaan saat bertemu dengan teman lama, penting untuk menilai beberapa konteks berikut:

  • Hubungan sebelumnya, pastikan bahwa relasi teman kamu yang masih bertemu sampai sekarang dengan teman lama yang akan ditemui memiliki hubungan yang baik.
  • Kedekatan, seberapa dekat hubungan Anda dengan teman lama Anda tersebut.
  • Karakter, sesuaikan topik pembicaraan dengan karakter teman Anda, untuk menghidari adanya konflik.

Tapi perlu diingat untuk topik pembicaraannya tidak boleh sembarangan ya, berikut adalah 5 topik pembicaraan yang perlu diperhatikan saat ngobrol dengan teman lama.

1. Hindari percakapan tentang fisik

Salah satu yang paling penting adalah menghindari komentar fisik, baik Anda kepada teman lama ataupun sebaliknya. Setelah bertahun-tahun tidak bertemu, tentu ada perubahan fisik baik itu buruk atau baik. Topik tentang fisik memang sensitif, tidak semua orang akan menerima hal tersebut. Maka dari itu jangan sampai menyinggung perasaan orang lain.

Gantinya, Anda bisa menanyakan kabar yang terjadi pada teman lama, apabila teman itu berkenan dia pasti akan menceritakan hal tersebut.

2. Pertanyaan karier atau masa depan

Perlu diingat untuk tidak terlalu frontal dengan menanyakan pertanyaan tentang masa depan. Contoh,  "Kamu kerja apa sekarang?" , "Sudah menikah?", "Kapan nih kamu lulus?" dan pertanyaan yang sedikit kurang sopan. Gantinya, coba tanyakan "Kamu lagi sibuk apa nih sekarang?" Karena tersebut lebih 'aman'.

3. Membicarakan kejadian masa lalu yang menyenangkan

Membahas kejadian masa lalu memang topik yang paling luas, karena dengan membicarakan masa lalu, memori-memori indah dan lucu akan berputar kembali, hal tersebut tentu secara tidak langsung akan 'membuka' pintu pembicaraan lebih lanjut, sehingga waktu mengobrol akan terlewat tanpa sadar.

4. Hindari mengungkit masa lalu yang memalukan

Saking tenggelamnya dengan topik pembicaraan masa lalu, jangan sampai mengungkit masa lalu yang memalukan ya.

Tidak semua orang menerima masa lalu mereka. Ketika seseorang mengatakan "Kamu harus berdamai dengan masa lalu" Tapi sebenarnya, kita tidak tahu apa yang sudah dialami orang tersebut, seberapa keras mereka berusaha untuk melupakannya, seberapa malu mereka rasakan pada saat itu, atau seberapa dia tersakiti dengan kejadian tersebut.

Ada beberapa yang berusaha untuk melupakannya. Meski niatnya hanya untuk membuat lelucon, tapi hal tersebut akan berujung kikuk dan membuat teman Anda turn-off atau bahkan bisa membuat hubungan menjadi tidak baik.

Kita tidak mau bukan merusak mood yang sudah dibangun hanya dengan mengungkit masa lalunya, kan?

5. Kejadian sekitar pada saat Ini

Selain membicarakan tentang diri sendiri, Anda juga dapat membuka topik dengan membicarakan berita yang terjadi, menanyakan pendapatnya dan saling bertukar gagasan mengenai hal tersebut.

Atau Anda juga dapat membahas tentang film yang baru saja rilis, berita hangat terkini, atau tempat yang asyik untuk hangout.

Bertemu dengan teman lama memang hal yang menyenangkan, sembari bisa nostalgia, Anda juga dapat merajut tali silaturahim kembali. Meski begitu ada hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbincang untuk menghidari hal-hal yang membuat suasana menjadi canggung atau tidak menyenangkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak