alexametrics

Jangan Sampai Pudar! Ini 5 Cara Rawat Pakaian Warna Hitam

Lintang Larissya
Jangan Sampai Pudar! Ini 5 Cara Rawat Pakaian Warna Hitam
Ilustrasi Pakaian Hitam. (pexels.com)

Pakaian berwarna hitam adalah jawaban dari segala pertanyaan "mau pakai baju apa hari ini?" selain itu, pakaian warna hitam juga cocok untuk di mix and match dengan berbagai warna lainnya.

Namun, kekurangan dari pakaian berwarna hitam adalah mudah sekali pudar, hal itu akan membuat pakaian berwarna hitam tidak akan sepekat seperti awal beli.

Simak cara untuk merawat pakaian hitam agar tidak mudah pudar berikut ini:

1. Jangan sering dicuci dan direndam terlalu lama

Warna hitam pada pakaian akan mudah luntur apabila direndam menggunakan deterjen terlalu lama hal tersebut menjadikan salah satu alasan pakaian hitam menjadi mudah pudar.

Keseringan dicuci juga tidak baik karena pakaian akan sering terkena air dan detergen. Cuci pakaian hitam seperlunya saja dan jangan terlalu sering yaa. Bila memungkinkan gunakan detergen khusus untuk pakaian berwarna gelap agar tidak mempengaruhi warnanya.

2. Kumpulkan dengan sesama pakaian warna hitam

Sebelum mencuci, pisahkan baju sesuai warna, khusus untuk warna hitam kumpulkan dengan warna hitam, hindari untuk mencampur dengan baju warna lain terlebih dengan baju berwarna yang mudah luntur.

Untuk bahan pakaian tertentu, bisa juga dicuci secara terpisah, mencuci sendiri dan tidak dicampur atau dicuci berbarengan dengan pakaian yang lain untuk menghindari kerusakan pada pakaian tersebut.

3. Dibalik saat dijemur

Saat dijemur, usahakan pakaian menghadap ke luar, hal tersebut digunakan untuk mengurangi rusakan akibat gesekan. Selain itu, pastikan juga tidak terkena sinar matahari secara langsung (sedikit dijauhkan) agar warna tidak pudar. Sinar matahari dapat membuat pakaian cepat pudar.

4. Jangan mencuci menggunakan air hangat

Usahakan untuk mencuci menggunakan air dingin, air hangat akan membuat pakaian semakin mudah luntur dan dapat membuat kusut. Air hangat akan membuat warna hitam menjadi pudar dan tidak akan sepekat awalnya.

5. Jangan menggunakan mesin pengering

Sebisa mungkin hindari menggunakan mesin pengering kecuali sangat terpaksa. Panas yang dihasilkan mesin pengering akan memuat warna cepat pudar. Cara terbaik untuk mencucinya baju hitam adalah digantung sampai kering tapi jauhkan dari sinar matahari.

Cara merawat pakaian hitam tersebut dapat dilakukan dengan mudah agar untuk menghindari warna pudar. Tidak semua bahan pakaian tidak luntur saat dicuci, untuk itu perlu berhati-hati sebelum mencuci pakaian berwarna hitam.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak