alexametrics

5 Penyebab Hidupmu Jadi Terasa Serba Kekurangan dan Kesulitan, Cepat Sadar!

Rizki Putra
5 Penyebab Hidupmu Jadi Terasa Serba Kekurangan dan Kesulitan, Cepat Sadar!
ilustrasi pria sedang depresi (pexels/cottonbro).

Merasa serba kekurangan dan kesulitan bisa membuatmu menjadi sedih untuk menjalani kehidupan. Namun, di balik itu semua pasti ada penyebabnya yang perlu kamu cari tahu.

Jangan terus-menerus meratapi nasib kehidupan. Sebaiknya, kamu perlu coba lebih dulu intropeksi diri. Simak 5 penyebab yang bisa membuatmu merasakan kekurangan dan kesulitan dalam menjalani keseharianmu.

1. Mengatur keuangan yang buruk

Mungkin kamu tidak mengatur keuangan secara baik, sehingga kamu selalu merasa kekurangan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Mungkin kamu terkadang boros, membelanjakan uang gajian bukan untuk hal yang primer.

Hal itu membuat kamu akan kebingungan untuk bisa menutupi segala kebutuhan yang mendasar tiap bulannya. Makanya, literasi keuangan sangatlah penting untuk bisa lebih bijak mengambil keputusan finansial.

2. Memiliki gaya hidup yang tidak sesuai dengan kemampuan finansialmu

Perlu diingat, penting bagi kita untuk bisa mengukur pengeluaran finansial agar bisa memenuhi gaya hidup yang menyesuaikan dengan kemampuan. Kalau tidak, pastinya akan terjerat dengan kehidupan yang mewah, namun berbanding terbalik dengan pendapatan bulanan, alias tekor.

Jangan memaksakan diri sendiri untuk ikut gaya hidup mewah, yang ada memberatkan diri sendiri. Karena itulah yang menyebabkanmu merasa kekurangan dan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hal yang mendasar ketika duitmu sudah mulai habis.

3. Memiliki utang di mana-mana

Kalau kamu memiliki utang di mana-mana, mungkin itu jadi penyebab utamamu merasa kekurangan dan kesulitan untuk menjalani kehidupanmu. Karena terbiasa meminjam uang kesana kemari, kamu akan gelisah untuk bisa menutup semua utang-utangmu itu.

Mulailah membuat prinsip dalam hidup, jangan biasakan berhutang apalagi hanya untuk berfoya-foya. Mungkin, berhutang pada kondisi genting saja yang benar-benar mendesak, tapi tidak jadi kebiasaan.

4. Suka berbohong

Kerap kali mengumbar janji kepada orang lain, namun kamu tidak ada sama sekali memiliki niatan untuk menepatinya. Pastinya orang lain akan kesal padamu, dan memilih untuk menjauh berteman dengamu.

Hal inilah yang menjadi penyebabmu merasa kesusahan dan kesulitan. Karena kamu selalu mencoba membohongi orang lain, dan dikejar oleh janji manismu sendiri yang tidak bisa kamu tepati.

5. Tidak bersyukur atas apa yang kamu miliki

Kalau dilihat dari materi dan lingkungan, sebenarnya semua terlihat baik-baik saja. Memiliki pekerjaan yang mapan, memiliki teman dan keluarga yang suportif, namun kamu masih saja tidak bersyukur atas nikmat.

Ini yang kerap kali membuat selalu merasa kekurangan dan kesusahan dalam kehidupanmu. Mulailah bebenah dirimu sendiri, untuk bisa lebih bersyukur atas nikmat yang kamu peroleh.

Berdasarkan ulasan di atas, itu yang bisa saja membuatmu merasa serba kesusahan dan kesulitan. Maka dari itu, jangan selalu menyalahkan faktor eksternal, namun cobalah untuk bisa intropeksi diri sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak