alexametrics

5 Tips Melatih Kepekaan Agar Suka Berbagi Kepada Orang Lain

Rizki Putra
5 Tips Melatih Kepekaan Agar Suka Berbagi Kepada Orang Lain
Ilustrasi kegiatan donasi. (pexels.com/Julia M Cameron)

Pasti kamu kagum dan terharu dengan orang-orang yang melakukan aksi berbagi kepada orang lain, namun untuk melakukan hal tersebut memang terasa berat untuk sebagian orang. Terutama untuk bisa rutin melakukan kegiatan berbagi kepada sesama.

Ketika kamu sudah meniati untuk melakukan hal tersebut, tapi tidak jadi dilaksanakan, karena berbagai alasan. Tenang saja hal itu memang wajar terjadi, jadi tidak usah malu kalau kamu merasakannya. Maka dari itu, simak 5 tips melatih kepekaan agar suka berbagi kepada orang lain.

1. Berbagi tidak hanya berupa uang, bisa dengan kemampuan yang kamu miliki

Tidak setiap saat kamu memiliki uang, bukan berarti kamu tidak bisa berbagi kepada orang lain. Kalau kamu memiliki kemampuan atau ilmu yang bermanfaat bisa kamu bagikan kepada orang lain.

Dari sinilah kamu bisa membuat konten tutorial atau sharing pengalamanmu dengan orang lain, hal ini bisa dilakukan dengan platform media sosial. Sehingga akan ada yang merasakan manfaat dari konten yang kamu buat.

2. Jadikan berbagi sebagai motivasi dalam bekerja

Kalau kamu memiliki motivasi dalam bekerja, pasti kamu akan semangat untuk mencapai tujuan yang ingin kamu capai. Nah, jadikanlah berbagi dengan orang lain sebagai motivasimu dalam bekerja.

Sehingga kamu bisa bergairah untuk mendapatkan penghasilan dari pekerjaanmu, dan melakukan donasi atau sedekah kepada orang lain. Cara ini bisa jadi tambah semangat untuk mencari uang.

3. Berbagi adalah cara untuk mensyukuri nikmat yang kamu terima selama ini

Berbagi dengan orang lain merupakan bentuk rasa syukurmu atas setiap nikmat yang telah kamu peroleh selama ini. selain itu, kamu bisa bertambah bahagia ketika melakukannya.

Jika apa yang kamu berikan merupakan hal yang bermanfaat, tentu akan membantu orang lain bagi yang membutuhkannya. Hal ini akan membuatmu ingin rutin untuk terus berbagi kepada sesama.

4. Ada hak orang lain disetiap penghasilan yang kamu terima

Kalau kamu sudah memahami poin ini, tentu akan merasa tidak nyaman kalau mengabaikannya. Sudah menjadi keharusan untukmu menyalurkan setiap penghasilan yang kamu terima kepada orang lain. Tidak terbayang jika kamu membiarkan hal tersebut terus-menerus, terasa tidak tenang jika menjalani keseharianmu.

5. Membuat anggaran dan menabung untuk berdonasi

Kalau kamu tidak membuat anggaran penghasilanmu untuk berbagai kebutuhanmu, tentu akan terasa sulit jika ingin berbagi. Sehingga tidak heran kamu kebingungan untuk kebutuhan mendasar dan konsumsimu.

Selayaknya membuat dana darurat, tentu kamu bisa membuat tabungan khusus untuk berbagi. Berapapun jumlahnya, asalkan kamu bisa iklas untuk jumlah nominal yang ingin kamu keluarkan.

Tips di atas bisa kamu terapkan langsung untuk tetap menyalurkan niat baikmu untuk berbagi pada orang lain. Yuk, segera rutinkan kegiatan ini agar orang lain dan dirimu sendiri bisa merasakan dampak positifnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak