alexametrics

4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuatmu Lebih Dihargai oleh Orang Lain

Rizki Putra
4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Membuatmu Lebih Dihargai oleh Orang Lain
Ilustrasi berbincang. (pexels.com/RF._.studio)

Supaya bisa dihargai oleh orang lain, tidak perlu kamu harus menjadi orang yang sempurna, namun lakukan kebiasaan yang sederhana, tapi bisa berdampak positif bagi sekitarmu. Tentunya, bukan sekitarmu saja yang merasakannya, bahkan kamu akan merasakan manfaatnya.

Kalau kamu sudah melakukan tindakan positif, tentu akan bisa menular pada orang lain untuk melakukan hal yang sama sepertimu. Maka dari itu, simak 4 kebiasaan sederhana yang bisa membuatmu lebih dihargai oleh orang lain.

1. Kamu selalu berbagi kepada orang lain

Berbagi tidak hanya berupa materi, namun bisa dengan membantu orang lain, mengajarkan ilmu baru, memberikan saran yang positif, ini merupakan hal yang bisa membuat orang lain akan menghargaimu. Selalu melakukan hal baik akan menjadi cerminan dirimu sendiri, agar terus menginginkan berbagi kepada sesama.

Tidak heran orang lain akan respect denganmu, karena kamu orangnya tidak perhitungan kepada sesama. Namun, selalu niatkan secara tulus untuk memberi, tanpa meminta imbalan dari mereka.

2. Kamu mau berteman dengan orang lain tanpa melihat status latar belakangnya

Ketika kamu bersosialisasi dengan suatu lingkungan, pasti kamu akan menemukan berbagai tingkah laku yang berbeda setiap orang yang kamu temui. Tapi, kamu mau berteman dengan orang lain tanpa melihat status latar belakangnya.

Mungkin, ada sebagian orang lebih memilih berteman dengan seseorang yang bisa menguntungkan dirinya sendiri. Namun, kalau sebaliknya, dia lebih baik menghindar kalau tidak ada hal yang bisa membuatnya dirinya diuntungkan.

Berbeda denganmu, bisa bersikap adil tanpa melihat status ekonomi dan lain halnya, kamu jauh lebih dihargai oleh orang lain, karena kamu bisa memperlakukan mereka secara baik.

3. Selalu bisa untuk menempatkan diri

Ketika kamu telah berada pada suatu lingkungan, kamu akan menemukan permasalah hidup pada seseorang. Saat mereka terbuka dengan persoalannya, tentu kamu telah terlibat untuk masalah yang sedang dihadapinya.

Mungkin, sebagian orang telah menganggapmu orang yang bisa memberikan saran positif, dan menjadi pendengar yang baik. Karena hal tersebut mereka menghargaimu, lantaran bisa menempatkan diri sebagai orang yang mampu mendukungnya untuk bangkit ketika sedang berada dalam kesulitan.

4. Menjaga sikap dan menghormati orang lain

Dewasa bukan berarti umur saja yang bertambah, namun pola pikir untuk bersikap dan berucap kepada orang lain juga termasuk kedalam hal tersebut. Karena kamu bisa menghormati yang lebih muda, seumuran, ataupun yang lebih tua, tentu orang lain melakukan hal sama kepadamu.

Karena kamu bisa menjaga sikap dan menghormati orang lain, menjadikanmu semakin lebih dihargai oleh mereka. Maka dari itu, pentingnya berindak dan berucap yang sopan kepada orang lain adalah yang terpenting dalam kehidupan sosial.

Berdasarkan ulasan di atas, kita bisa tahu hal yang sederhana seperti itu bisa membuat orang lain lebih menghargaimu. Segala tindakan dan ucapan yang positif menjadi cerminan diri sendiri, agar orang lain bisa melakukan hal yang sama sepertimu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak