alexametrics

3 Cara Mengatasi Stres, Hidup Kamu Jadi Lebih Tenang dan Sehat!

Latifah ..
3 Cara Mengatasi Stres, Hidup Kamu Jadi Lebih Tenang dan Sehat!
Ilustrasi wanita optimis (unsplash.com/Marcelo Matarazzo)

Stres umumnya terjadi ketika apa yang kamu inginkan, butuhkan, atau harapkan, tak bisa kamu dapatkan. Dan hal itu sudah jadi sesuatu yang selalu terjadi di hidup ini. Makanya, gak ada satu pun orang yang bisa benar-benar bebas dari stres. Yang bisa dilakukan, hanya meminimalkan stres supaya gak sampai berpengaruh buruk terhadap kesehatan mental maupun fisik.

Di bawah ini, akan dibahas mengenai beberapa cara mengatasi stres yang bisa kamu lakukan. Supaya hidupmu jadi lebih lebih tenang dan sehat!

1. Kurang tidur

Stres dan gangguan tidur seperti sebuah lingkaran setan. Kurang tidur, akan menyebabkan kamu mudah stres, dan stres itu sendiri, dapat mengakibatkan kamu susah tidur.

Untuk mengatasinya, bisa dilakukan dengan mempersiapkan kamar tidurmu sehingga nyaman untuk istirahat. Usahakan, tidur dalam keadaan gelap dan suhu ruangan sejuk, supaya tidurmu lelap. Hindari minum minuman berkafein kalau sudah malam, karena bisa mengganggu tidurmu.

2. Banyak gerak

Cara lain untuk meminimalkan stres, yakni dengan banyak gerak. Coba lakukan olahraga rutin. Yang ringan-ringan saja dulu, misalnya berjalan kaki saat pagi.

Selain itu, perbanyak gerak, misalnya dengan melakukan peregangan setiap satu jam sekali di sela-sela kamu duduk bekerja. Biar badan gak kaku, dan pikiranmu jadi segar.

3. Belajar untuk menolak

Umumnya stres terjadi karena lebih banyak yang mesti dikerjakan, sementara waktu gak memadai. Dan kondisi ini dapat terjadi, akibat sikap kamu yang selalu berusaha menyenangkan orang lain, dan khawatir untuk menolak atau berkata “tidak”.

Mulai sekarang, coba latih diri untuk bisa bersikap tegas. Kalau memang kamu banyak tugas, tolaklah dengan baik permintaan orang lain yang kamu tahu, bakal menambah beban kerjamu. Awalnya memang sulit, tapi, lama-lama, kamu akan terbiasa. Dan orang pun akan segan untuk memanfaatkan atau mengganggu waktumu.

Selama ini banyak orang yang kerap menyepelekan stres atau beban pikiran. Padahal, stres kronis, yakni beban pikiran yang terjadi terus-menerus, bisa memicu timbulnya depresi. Kalau sudah depresi, gak hanya akan menurunkan produktivitasmu, membuatmu sulit mengendalikan emosi, tapi juga bisa berpikir untuk menyakiti diri sendiri. Jadi, jangan sepelekan stres, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak