alexametrics

4 Dampak Buruk Merasa Sungkan dengan Orang Lain, Mengekang Diri Sendiri

Rizki Putra
4 Dampak Buruk Merasa Sungkan dengan Orang Lain, Mengekang Diri Sendiri
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memilki rasa sungkan memang tujuannya agar tidak menyulitkan orang lain atau tidak nyaman dengan tingkah laku dan ucapanmu. Dampak baiknya, bisa membuktikan bahwa kamu orang yang memiliki tenggang rasa.

Tapi, kamu harus paham posisi ketika harus tegas, dan merasa sungkan terhadap seseorang. Maka dari itu, jangan sampai kamu terkena 4 dampak buruk ini ketika merasa sungkan dengan orang lain.

1. Bisa kehilangan kesempatan

Memang peluang atau kesempatan harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Tapi, ketika orang lain memberikan peluang kepadamu, jangan malah sungkan, yang ada malah kehilangan momentum penting untuk kebaikan hidupmu.

Padahal, kamu merasa senang sekali mendapatkannya, makanya harus bisa menempatkan diri supaya tidak kehilangan kesempatan. Daripada kamu harus basi-basi untuk menolak, tapi hatimu benar-benar menginginkannya, yang ada kamu menyia-nyiakannya.

2. Kamu bisa dimanfaatkan oleh orang lain

Tidak selamanya kamu bisa mengira maksud dan tujuan orang lain memiliki niat baik atau buruk kepadamu. Karena itulah sifat yang selalu sungkan menjadi celah bagi orang lain untuk memanfaatkanmu.

Karena kamu orang yang selalu tidak enakan, mau gak mau kamu menuruti semua keinginannya. Maka dari itu, jangan sampai kamu tertipu oleh orang lain yang ingin seenaknya sendiri terhadapmu.

3. Menolong orang lain tapi mengorbakan kepentingan diri sendiri

Karena kamu selalu sungkan, tidak heran kamu akan mengorbankan kepentingan sendiri demi menolong orang lain. Tentu ini sangat memberatkanmu meski ada rasa kecewa terhadap keputusanmu.

Bagaimanapun juga, menolong orang lain memang harus iklas tanda ada niatan meminta imbalan darinya. Maka dari itu, kamu harus lebih cermat kalau memang mau membantu seseorang.

4. Tidak terbiasa mengemukakan pendapat

Setiap orang memiliki haknya masing-masing untuk mengemukakan pendapat asalkan dengan cara yang sopan dan tidak melukai perasaan orang lain. Karena sifatmu yang selalu sungkan, malah mengiyakan pendapat orang lain meski kedepannya bisa menjadi beban untukmu.

Karena kamu terlalu takut melukai perasaan orang lain, tentu sangat menyulitkanmu untuk bisa bebas berpendapat. Padahal, terjadi perdebatan itu merupakan hal yang wajar, apa lagi menyangkut kehidupan banyak orang.

Berdasarkan ulasan di atas, memang banyak dampak buruk kalau kamu selalu bersikap sungkan terhadap orang lain. Namun, bukan berarti harus menghilangkan perasaan sungkan tersebut. Tapi, yang perlu dilakukan adalah harus bisa memposisikan diri kapan waktunya untuk bersikap tegas dan sungkan, supaya kamu tidak mengekang diri sendiri untuk bebas memiliki pandangan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak