alexametrics

4 Tanda Kamu Pribadi Berjiwa Matang, Tidak Berlagak Sok Tahu!

Latifah ..
4 Tanda Kamu Pribadi Berjiwa Matang, Tidak Berlagak Sok Tahu!
Ilustrasi wanita tersenyum. (pexels.com/Pixabay)

Usia bukanlah perkara utama yang menentukan kematangan jiwa seseorang. Sudah banyak kita lihat contohnya, orang yang dari segi umur tak muda lagi, tapi sikap dan perangainya masih saja kekanak-kanakan. Sementara ada lagi yang usia masih seumur jagung, tapi punya pemikiran yang benar-benar dewasa.

Bisa jadi, selama ini sebenarnya kamu sudah memiliki jiwa yang matang, tapi nggak sadar. Yuk, kita simak sama-sama, apa saja sih, tanda dari pribadi yang dewasa.

1. Senantiasa bersyukur dengan apa yang kamu punya

Ciri pertama dari orang yang berjiwa matang, adalah senantiasa diliputi rasa syukur. Bukan berarti hidupmu sudah sempurna, namun, meski dengan berbagai kekurangan, tetap saja, masih banyak hal berharga yang patut disyukuri.

Cara pandang seperti ini, yang membuat pembawaanmu selalu tenang. Karena dalam hatimu sudah damai. Bisa melihat sisi positif, bahkan di kondisi negatif.

2. Tidak berlagak sok tahu

Kendati kamu memiliki pengetahuan yang luas, tak menjadikanmu pribadi sombong. Kamu tetap sadar, sepintar apa pun seseorang, akan selalu ada yang lebih. Lebih pintar, dan lebih-lebih yang lainnya.

Tak hanya rendah hati, kamu pun senang belajar dan menerima masukan orang lain. Bagimu, kritikan nggak selamanya bermaksud menjatuhkan dan harus direspons dengan buruk. Justru kamu memandang kritikan sebagai wadah pembelajaran.

3. Tidak menghindari masalah

Walaupun kamu nggak begitu suka konflik, tapi bukan berarti jenis orang pengecut yang senang menghindari masalah. Jika memang ada konflik yang terjadi, kamu berani untuk menghadapi dan menyelesaikannya.

Namun, sebisa mungkin, dirimu menghindari drama atau berbagai masalah yang nggak penting dan hanya dicari-cari saja. Kamu malas meladeni. Waktu bagimu sangatlah berharga, dan harusnya dimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

4. Tak suka bergunjing

Godaan untuk bergosip itu selalu ada. Namun, kamu mampu menekannya, karena sadar, perbuatan tersebut nggak ada gunanya sama sekali. Ada banyak hal lain yang penting dan mesti kamu kerjakan. Mending menyelesaikan tugas-tugas tersebut atau melakukan hal produktif, daripada menggunjingkan kejelekan orang.

Kalau sudah ada sikap-sikap tadi, pertanda jika kamu termasuk pribadi yang berjiwa matang. Pertahankan terus, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak