alexametrics

Menambah Wawasan, Ini 5 Serial Sains Wajib Tonton di Netflix

Eko Saputra
Menambah Wawasan, Ini 5 Serial Sains Wajib Tonton di Netflix
Netflix (pixabay)

Selain untuk hiburan dan melepas penat, menonton juga bermanfaat untuk memperluas sudut pandang dan menambah pengetahuan. Saat ini ada banyak platform untuk streaming film dan serial, salah satunya Netflix. Beragam genre film dan acara televisi dapat kamu tonton di platform ini, termasuk genre sains dan alam yang bakal menambah wawasan.

Nah, berikut 6 rekomendasi serial sains di Netflix. 

1.    Ask The Doctor

Ask The Doctor merupakan program televisi dari Australia yang diproduksi oleh WTFN Entertainment pada 2017. Hadir dalam dua belas episode, serial yang menampilkan para dokter dalam bidangnya masing-masing ini membahas isu-isu kesehatan yang kerap muncul di tengah masyarakat termasuk mitos-mitos yang menyertainya.

Setiap episode membahas topik yang berbeda, mulai dari masalah tidur, obesitas, alergi, diet, seksualitas dan masih banyak lagi. Serial ini membagikan saran dari para ahli dan mematahkan mitos kesehatan yang sering beredar, serta menyampaikan metode pengobatan terbaru.

Durasi yang singkat (sekitar 30 menit) dan dibahas dengan bahasa sederhana menjadikan serial ini asyik untuk ditonton.

2.    Our Planet

Our Planet merupakan serial dokumenter alam orisinal Netflix yang diproduksi oleh Silverback Films tahun 2019. Serial dari Inggris ini terdiri dari delapan episode yang masing-masing berdurasi sekitar satu jam.

Our Planet akan membawa kita menjelajahi bumi. Episode pertama membahas keberadaan makhluk hidup di bumi secara menyeluruh. Episode selanjutnya lebih spesifik. Kita akan masuk lebih dalam ke rimba belantara, laut lepas, gurun dan padang rumput, hingga jauh ke dunia yang beku di kutub-kutub bumi.

Serial dokumenter ini berfokus pada dampak buruk ulah manusia terhadap planet bumi serta bagaimana hewan-hewan beradaptasi menghadapi ketidakpastian habitat mereka yang semakin rusak. Our Planet menyampaikan kepada kita apa yang dapat dilakukan demi melestarikan yang tersisa.

3.    100 Humans

Serial orisinal Netflix yang rilis pada 2020 ini membahas hasil eksperimen pada seratus orang dari beragam latar belakang, usia, gender, dan profesi. Studi yang dilalukan berfokus pada perilaku manusia dan menyelidiki sains dibaliknya.

Serial ini terdiri dari delapan episode yang masing-masingnya berdurasi sekitar setengah jam. Topik-topik yang dibahas sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari kita, misalnya ‘apa yang membuat kita menarik?’, ‘apakah indra kita bisa dipercaya?’, ‘mengapa kita sering bias dalam menilai sesuatu?’, dan masih banyak lagi. 

4.    Night On Earth

Night On Earth merupakan serial dokumenter alam Inggris yang diproduksi Plimsoll Production pada 2020. Serial ini terdiri dari enam episode dengan durasi kurang lebih satu jam. Seperti judulnya, serial menakjubkan ini mengungkapkan kepada kita apa yang terjadi di bumi saat malam hari, khususnya pada para binatang.

Night On Earth menampilkan hewan-hewan yang aktif dalam gelap di berbagai habitat, mulai dari sabana di Afrika, suhu dingin di utara, hingga laut, hutan, dan kota. Semuanya pada malam hari. Kita akan menyaksikan bagaimana para binatang ini berburu makanan serta bertahan hidup tanpa cahaya dengan mengandalkan kemampuan unik yang mereka miliki.

Serial ini—selain memperkaya pengetahuan—juga akan memanjakan penonton dengan tampilan memukau makhluk-makhluk malam menggunakan kamera khusus untuk merekam dalam kegelapan.

5.    Babies

Inilah tontonan yang cocok buat para pencinta bayi. Babies mengajak kita mengenal lebih dalam manusia mungil ini. Serial yang terbagi dalam dua bagian dengan dua belas episode ini memaparkan dengan hangat tentang proses tumbuh kembang bayi. Mulai dari kelahiran, makanan, kata-kata yang diucapkan, belajar merangkak hingga langkah pertama mereka.

Sepanjang serial ini, penonton mungkin lebih banyak tersenyum bahagia menyaksikan wajah-wajah menggemaskan dan tingkah lucu para bayi. 

Nah, itulah 5 rekomendasi serial sains di Netflix yang dapat kamu tonton bukan hanya sebagai hiburan, tetapi juga menambah wawasan. Sudah nonton yang mana saja? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak