alexametrics

4 Alasan Belajar Menerima Kritikan Itu Penting, Biar Rendah Hati

Rizki Putra
4 Alasan Belajar Menerima Kritikan Itu Penting, Biar Rendah Hati
Ilustrasi mengobrol. (pexels.com/Jopwell)

Kritikan adalah hal yang wajar dijumpai disetiap berbagai lingkungan sosial. Pastinya, kamu pernah merasakan dikritik oleh teman dekat, keluarga, hingga di tempat kerja. Setiap pandang orang lain terhadap sesuatu pasti berbeda-beda, maka dari itu yang kamu anggap benar belum tentu bagi orang lain.

Meski orang lain memiliki maksud baik untuk mengkritik, namun terkadang malah tidak berlapang dada bahkan merasa sakit hati. Maka dari itu, simak 4 alasan belajar menerima kritikan itu penting.

1. Sebagai bahan evaluasi diri untuk kedepannya

Untuk menerima kritikan dengan legowo bukanlah perkara yang mudah. Pasti akan ada perasaan yang mengganjal, lantaran kamu sudah bekerja keras menyelesaikan project, namun responnya berbanding terbalik.

Bagaimanapun juga, kritikan adalah hal penting demi kemajuanmu. Ketika sedang diberikan masukan atau saran, itu bisa jadi bahan evaluasimu, apa saja kekurangan dan yang perlu dibenarkan, supaya kedepannya tidak terulang kembali.

2. Supaya tidak terjadi kesalahan yang parah

Menerima kritikan dari orang lain memang bisa membuatmu kesal dengannya. Apalagi, orang tersebut adalah orang yang kamu tidak sukai. Wah, pastinya emosi dalam diri bisa memuncak.

Bagaimanapun juga, tetap harus menghargai orang lain, meskipun itu untuk kritik bagi dirimu. Kalau kamu tidak diberitahu letak kesalahannya, bisa saja kamu melakukan kesalahan yang lebih parah lagi.

3. Supaya memiliki kualitas diri yang baik

Disaat kamu dikritik orang lain, pasti merasa tidak nyaman suasananya. Bahkan, kamu lebih memilih untuk tidak mau menerima kritikan tersebut, malah menyerangnya kepada orang yang telah memberimu kritik.

Namun, kalau kamu bisa legowo, pasti ada sisi positif dari kritikan tersebut. Mungkin saja kamu akan paham bahwa dirimu memang telah melakukan kesalahan. Sehingga, mau untuk membenah diri supaya memiliki kualitas diri yang baik.

4. Agar menambah wawasanmu

Ketika kamu telah bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang terbaik, tentu akan berharap pujian dari orang lain. Bagaimanapun juga, hal ini adalah hal yang wajar terjadi, kok. Namun, bukan berarti kamu tidak mau mendengarkan kritikan orang lain.

Seseorang yang ingin mengkritikmu bukan berarti berniat menjatuhkanmu, mungkin akan memberikan informasi yang penting demi kebaikanmu juga. Kalau kamu sudah mau menerima saran dan masukan orang lain, akan menambah wawasanmu tentang pengetahuan baru darinya.

Berdasarkan ulasan di atas, setiap orang tentu akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka dari itu, diperlukan kritikan untuk bahan evaluasi diri, dan kamu juga harus mau berlapang dada untuk menerima kritik dari orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak