alexametrics

4 Trik Cerdas Mengatasi Mood yang Gampang Berubah-ubah

Rizki Putra
4 Trik Cerdas Mengatasi Mood yang Gampang Berubah-ubah
Ilustrasi wanita sedang bosan. (pexels.com/Min An)

Tentunya ada banyak hal yang mempengaruhi mood seseorang. Bagaimana pun juga, sudah menjadi hal yang wajar, ketika mood sedang menurun lantaran situasimu sedang tidak baik-baik saja.

Tapi, tentu sangat merugikan kalau kondisi gampang berubah tanpa ada penyebabnya. Pasti ada yang salah dengan diri sendiri ataupun lingkungan sekitar. Maka dari itu, simak 4 trik cerdas mengatasi mood yang gampang berubah-ubah.

1. Istirahatlah sejenak

Salah satu tanda mood mudah menurun adalah ketika kondisi tubuh sedang kelelahan. Hal ini disebabkan aktivitas yang berlebihan memang membutuhkan waktu dan energi ekstra, sehingga tubuh jadi droop.

Tentu saja hal ini akan membuat beban pikiran jadi bertambah, maka dari itu harus mencari cara untuk mengatasinya. Sebaiknya, istirahatlah sejenak, supaya mengisi kembali energi untuk tubuh dan pikiran bisa kembali fresh.

2. Lakukan kegiatan positif

Mood yang turun drastis bisa terjadi karena rutinitas yang membuatmu bosan atau jenuh dengan suasana yang ada. Tentu saja ini adalah hal yang wajar terjadi, kok. Namun, segeralah mencari cara untuk kembalikan mood.

Kalau dibiarkan yang ada mengganggu aktivitasmu. Supaya bisa memperbaiki mood yang gampang berubah-ubah, lakukan kegiatan positif supaya mengalihkan perhatianmu terhadap rutinitasmu yang terasa jenuh. Cara ini bisa membantu bisa rileks dan merehatkan kondisi tubuh.

3. Menggunakan logika dibandingkan perasaan

Saat kondisi mood sedang menurun, menggunakan perasaan malah akan nambah beban di dalam hatimu. Bagaimanapun juga, menggunakan perasaan tentu hanya dilakukan dalam kondisi tertentu saja, bukan ketika menghadapi persoalan yang berhubungan dengan banyak orang.

Salah satu penyebab mood gampang berubah adalah perasaanmu telah mendominasi untuk menyelesaikan permasalahan. Maka dari itu, menggunakan logika adalah cara yang tepat untuk mencari cara keluar dari masalah yang sedang dihadapi.

4. Curhatlah ke orang yang tepat

Kalau kamu tidak bisa mengatur mood dengan baik, justru akan menimbulkan emosi yang berlebihan. Namun, kalau kamu belum bisa mendapatkan solusinya, sebaiknya curhatlah tentang permasalahanmu ke orang yang tepat atau yang kamu percaya.

Bagaimanapun juga, curhat dengan orang lain membantu untuk mengurangi beban yang ada di dalam hati. Maka dari itu, cara ini bisa membantu dikala mood gampang berubah-ubah.

Seiring berjalannya waktu, kalau bisa menerapkan cara di atas, tentu semakin bisa mengelola mood. Sehingga, lebih mengendalikan diri disaat menghadapi permasalahan yang bisa berpengaruh terhadap perasaanmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak