alexametrics

4 Cara Cerdas Menghadapi Orang Tua yang Terlalu Banyak Mengkritik

Rizki Putra
4 Cara Cerdas Menghadapi Orang Tua yang Terlalu Banyak Mengkritik
Ilustrsai anak yang malas mendengarkan ocehan ayahnya. (pexels.com/Kindel Media)

Meskipun orang tua selalu suka mengkritikmu, tentu rasa kecewa, sedih, bahkan marah pernah kamu rasakan. Bagaimanapun juga, kalau kamu hanya diam saja, yang ada malah jadi tekanan hidup untukmu.

Namun, jangan menimpalinya atau mengeluarkan amarah yang berlebihan, karena bisa membuat kondisi rumah menjadi tidak nyaman. Maka dari itu, simak 4 cara cerdas menghadapi orang tua yang terlalu banyak mengkritik.

1. Harus berkomunikasi secara terbuka

Komunikasi yang baik adalah cara terbaik supaya hubungan menjadi sehat, terutama dengan orangtuamu. Namun, mungkin saja orang tuamu tidak sadar, bahwa selama ini dia telah terlalu banyak mengkritik. Tapi, bisa saja mereka beralasan untuk memotivasimu supaya menjadi kepribadian yang lebih baik lagi kedepannya.

Maka dari itu, bicarakan secara terbuka bahwa kamu terkadang tersakiti oleh kritikannya, supaya mereka paham bagaimana perasaanmu saat ini. sebaiknya, bicarakan secara baik-baik, bagaimanapun juga dia tetap orang tuamu.

2. Lebih berempati

Setelah kamu sudah berani jujur terhadap perasaanmu, selanjutnya tanyakan apa yang jadi alasannya, sampai-sampai terlalu banyak mengkritikmu. Meskipun sikap yang dilakukannya salah, kamu harus tetap berempati dengannya.

Bagaimanapun juga, kamu jadi paham yang menjadi latar belakang orangtuamu bersikap seperti itu. Sehingga, kalian bisa saling mengerti perasaan satu sama lain.

3. Renungkan kembali seputar kritikannya

Walaupun cara menyampaikannya bisa menyakitimu, pasti ada hal yang penting mereka sampaikan kepadamu. Cobalah renungkan dan pikirkan adakah hal yang memang benar tentang pendapatnya tentang dirimu.

Bagaimanapun juga, jangan bertindak egois, supaya bisa berpikir secara objektif. Setelah itu, dirimu sendiri yang menentukan saran dari mereka apakah layak untuk kamu ikuti atau tidak.

4. Jangan membanding-bandingkan

Sebaiknya, jangan pernah kamu membanding-bandingkan dengan orangtua lainnya. Tentu saja karena kamu sudah ditakdirkan untuk hidup bersamanya.

Kalau kamu sampai membanding-bandingkannya, yang ada malah jadi beban pikiran lantaran harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Maka dari itu, syukuri setiap nikmat yang telah kamu terima selama hidupmu.

Pada dasarnya, kritik memang bisa membangun seseorang menjadi kepribadian yang lebih baik lagi. Namun, kamu harus pintar memilih apakah setiap kritikan itu layak kamu ikuti ataupun tidak.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak