alexametrics

Bikin Pikiran Kamu Mumet, Ini 4 Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking!

Riva Khodijah
Bikin Pikiran Kamu Mumet, Ini 4 Cara Mengatasi Kebiasaan Overthinking!
Ilustrasi mumet. (unsplash.com/Uday Mittal)

Salah satu hal yang membuat pikiran mumet, adalah kebiasaan overthinking, yakni terlalu berlebihan dalam memikirkan sesuatu. Orang yang overthinking, terkadang suka menduga macam-macam, padahal kenyataannya tak seperti itu.

Misalnya, teman belum juga membalas pesan. Langsung berprasangka, kalau temanmu itu sedang marah sama kamu. Padahal, ia belum juga membalas karena sedang sibuk.

Nah, supaya pikiranmu bebas dari mumet, berikut ini ada beberapa cara mengatasi kebiasaan overthinking. Yuk, simak!

1. Bersikap tenang

Hal pertama yang mesti kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan overthinking, adalah berusaha berpikir tenang. Lihat dulu permasalahannya dengan jernih.

Misalnya, dari kasus membalas pesan di atas. Sebelum kamu membuat praduga, tanyakan pada dirimu, kemungkinan-kemungkinan apa saja yang bisa menyebabkan temanmu itu belum juga membalas pesan. Jika bisa berpikir dengan tenang, kamu nggak akan langsung mengambil kesimpulan negatif.

2. Lakukan tindakan konkret

Daripada membiarkan pikiranmu itu melanglang buana nggak jelas, mending ketika sedang menghadapi permasalahan, fokuskan pada tindakan konkret atau aksi nyata yang dapat kamu lakukan. Sebagai contoh, kamu mumet memikirkan apakah nanti akan diterima kerja setelah wawancara?

Cuma memikirkan saja dan membayangkan, nggak ada gunanya, kan? Akan lebih produktif kalau kamu menggunakan waktu untuk khawatir, dimanfaatkan untuk mempersiapkan diri jelang wawancara. Sehingga, ketika kamu melakukan interview, bisa menjawab berbagai pertanyaan dengan lancar. Dan peluangmu untuk diterima pun jadi lebih besar.

3. Buat tenggat waktu

Kebiasaan overthinking, nggak hanya bisa membuat kamu jadi sulit bahagia. Hal tersebut juga dapat menurunkan produktivitas. Setiap akan melakukan sesuatu, kamu berpikir yang tidak-tidak. Akhirnya, jadi menunda-nunda.

Di antara cara ampuh untuk melawan kebiasaan overthinking, yakni dengan membuat deadline. Dengan adanya tenggat waktu, fokus perhatianmu jadi pada penyelesaian tugas. Kamu nggak punya waktu untuk berpikir negatif. Pikiranmu sibuk untuk menyelesaikan tugas tersebut.

4. Sering berpikir positif

Orang yang biasa overthinking, umumnya disebabkan terbiasa untuk berpikir negatif. Cara mengatasinya, dengan perbanyak pikiran-pikiran positif. Setiap kali ada pemikiran negatif, coba geser ke kemungkinan-kemungkinan positif. Jika ini rutin kamu lakukan, kamu jadi orang yang optimis dan nggak overthinking lagi!

Semoga tips di atas bisa membantumu untuk menghilangkan kebiasaan overthinking, ya. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak