alexametrics

Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Aman Nonton Bioskop saat Pandemi

Funcrev Id
Sudah Dibuka, Berikut 5 Tips Aman Nonton Bioskop saat Pandemi
Ilustrasi bioskop. [Unsplash]

Di sejumlah tempat, bioskop sudah boleh dibuka untuk publik. Meskipun belum 100% pengunjung, tetapi hal ini menjadi langkah awal menghidupkan kembali tempat hiburan yang selama ini terhenti akibat pandemi Covid-19.

Sudah hampir dua tahun kita berdampingan dengan pandemi ini, rasanya sudah tidak aneh lagi jika kita harus selalu menaati berbagai protokol kesehatan di manapun kita berada. Selama memenuhi protokol kesehatan, aktivitas di luar ruangan masih bisa dilakukan dengan aman dan jangan lupa juga untuk mengikuti program vaksinasi agar imun tubuh menjadi lebih kuat.

Untuk kamu yang sudah tidak sabar ingin ke bioskop dan menonton film-film favorit, berikut lima tips aman nonton bioskop saat pandemi.

1. Jangan berkerumun

Virus corona menyebar melalui saluran pernafasan. Bioskop sendiri merupakan tempat yang padat pengunjung, sehingga kamu harus bisa menghindari kerumunan misal saat berada di lobby bioskop, untuk meminimalisir penularan akibat kontak erat dengan pengunjung lain.

Kamu bisa menepi ke pinggir untuk menunggu antrian reda, dibanding harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain. Biasanya pihak bioskop juga menerapkan pembatasan jumlah penonton karena adanya peraturan jeda satu kursi. Jadi jumlah penonton tiap satu studio akan sangat dibatasi dan tidak 100% terisi.

2. Siapkan dompet elektronik

Untuk mengurangi kontak fisik berikutnya, kamu dapat siapkan pembayaran melalui dompet elektronik. Pihak bioskop biasanya telah menyediakan layanan pembayaran dengan dompet elektronik ini, sehingga kamu dapat lebih sedikit berkontak langsung antar-pengunjung dan karyawan.

Agar lebih aman, kamu juga dapat membeli tiket dari rumah menggunakan aplikasi penyedia tiket bioskop online. Jadi kamu tidak perlu lagi mengantre untuk membeli tiket dan tentunya akan lebih meminimalisir kontak dengan petugas.

3. Hindari berbicara dengan pengunjung lain

Saat ini, rasanya lebih baik jika tidak saling berkomunikasi dengan pengunjung lainnya kalau memang tidak benar-benar penting. Bila sudah masuk ke studio, kamu harus tenang dan tetap fokus pada film saja. Jangan berbicara dengan orang di sekitar kalian karena bisa saja menimbulkan cipratan droplet antar pengunjung.

Jadi usahakan tidak berbicara saat di dalam studio, supaya tidak ada cipratan droplet yang dapat menyebabkan penularan Covid-19.

4. Selalu kenakan masker

Tips nonton bioskop saat pandemi selanjutnya adalah selalu mengenakan masker selama di studio. Tindakan ini penting dilakukan untuk meminimalisir penyebaran virus karena droplet. Jadi jangan sampai membuka masker selama di dalam studio, berbahaya.

Kamu bisa sesekali membukanya saat ingin makan atau minum, tapi usahakan sebelum masuk ke studio. Pastikan masker yang digunakan menutupi hidung dan mulut secara keseluruhan, serta jangan diturunkan ke dagu.

5. Selalu gunakan hand sanitizer

Selain menyediakan sabun di kamar mandi, pihak bioskop biasanya juga menyediakan hand sanitizer di setiap area. Pengunjung dan petugas wajib menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer di area bioskop. Tapi tidak ada salahnya bila kamu juga turut membawa hand sanitizer sendiri, sehingga bisa mensterilkan tangan di manapun dan kapanpun kalian mau.

Itulah tadi lima tips menjaga diri saat di bioskop selama pandemi ini. Hal-hal ini mungkin sekilas cukup terdengar merepotkan. Namun, dengan mematuhi protokol kesehatan kamu akan jauh lebih aman terhindar dari virus corona.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak