alexametrics

3 Tips Ampuh Memotivasi Diri Sendiri, Agar Kamu Senantiasa Semangat!

Latifah ..
3 Tips Ampuh Memotivasi Diri Sendiri, Agar Kamu Senantiasa Semangat!
Ilustrasi pria bahagia. (pexels.com/Daniel Xavier)

Dalam beraktivitas, akan sulit melakukannya dengan baik, bila tak ada motivasi sama sekali. Kamu jadi nggak bergairah, dan bekerja hanya dengan upaya sekadarnya.

Memang, motivasi bisa kamu dapatkan dari sumber luar, misalnya dengan melihat video motivator, atau membaca artikel-artikel pengembangan diri. Namun, motivasi dari luar bersifat sementara dan nggak lama. Motivasi yang bersumber dari diri sendiri efeknya jauh lebih awet.

Nah, berikut ini ada beberapa tips ampuh memotivasi diri sendiri supaya kamu senantiasa semangat. Yuk, simak!

1. Mengenal diri sendiri lebih dalam

Hal pertama yang mesti kamu lakukan untuk memotivasi diri sendiri, adalah berusaha mengenali diri lebih dalam. Dengan begitu, kamu jadi tahu, apa yang sebenarnya kamu butuhkan, bukan yang cuma sekadar ingin.

Misalnya, melihat orang lain sukses, kamu jadi pengin ikutan sukses sepertinya. Padahal, bisa jadi, jenis kesuksesan itu bukanlah yang kamu butuhkan. Karena tiap orang punya jalan dan preferensinya masing-masing. Impian orang, belum tentu jadi impianmu.

Dengan mengenali diri sendiri, kamu jadi bisa menentukan arah hidup yang sesuai denganmu. Dan itu, yang membuat kamu lebih mudah terjaga semangatnya. Karena, yang kamu jalani memang keputusan sadar, bukan asal ikut-ikutan.

2. Buat target yang masuk akal

Salah satu alasan kehilangan motivasi, akibat kegagalan berulang kali. Kegagalan-kegagalan ini, mestinya bisa kamu evaluasi. Bisa jadi, karena target yang kamu buat terlalu tinggi. Sehingga, nggak masuk akal untuk dicapai.

Memiliki impian memang harus setinggi-tingginya. Akan tetapi, dalam menentukan upaya untuk meraihnya, harus sesuai logika. Lebih baik membuat target-target kecil tapi tercapai, dibanding langsung membuat target besar, tapi gagal terus-terusan.

Akhirnya, kepercayaan dirimu runtuh dan jadi merasa nggak mampu. Padahal, kalau kamu mau memecah target besar itu ke target-target kecil, sebenarnya bisa dilakukan.

3. Pusatkan perhatian pada proses, bukan hasilnya

Penyebab kamu mudah kehilangan motivasi, karena sangat berfokus pada hasil. Sementara, hasil itu nggak bisa kamu kendalikan. Sekalipun kamu sudah berusaha keras, kalau memang ternyata Tuhan berkehendak lain, kamu nggak bisa apa-apa.

Cukup pikirkan saja usahanya. Perkara hasil, itu sudah urusan Tuhan. Yang penting, kamu sudah berusaha keras dan berdoa. Karena yang kamu anggap baik, belum tentu baik pula di mata Tuhan. Betul?

Nah, semoga tips di atas bisa membantumu selalu semangat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak