alexametrics

4 Jenis Kesalahan Keuangan yang Tak Akan Dilakukan Orang Sukses, Apa Saja?

Latifah ..
4 Jenis Kesalahan Keuangan yang Tak Akan Dilakukan Orang Sukses, Apa Saja?
Ilustrasi uang. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Di antara rahasia orang-orang sukses, adalah mampu mengatur keuangan dengan baik. Mereka menghindari berbagai kesalahan finansial yang dapat menghambat tujuan sukses mereka.

Nah, biar kamu juga bisa segera ikutan sukses, ketahui beberapa kesalahan keuangan berikut ini yang gak akan dilakukan oleh orang sukses. Apa saja?

1. Jumlah pengeluaran lebih besar dari pemasukan

Kesalahan pertama yang tak pernah dilakukan oleh orang yang sukses, yakni jumlah pengeluarannya lebih besar dari pemasukan. Selalu, besar penghasilan harus lebih daripada jumlah pengeluaran. Ini prinsip dasar yang tak boleh dilanggar orang-orang yang ingin sukses.

Kalau yang terjadi selalu lebih besar pasak daripada tiang, hal tersebut bisa menunjukkan kalau kamu belum memiliki kontrol yang baik terhadap keuangan. Lebih banyak menghabiskan, daripada menghasilkan.

2. Mementingkan kuantitas daripada kualitas

Orang yang sukses, akan lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Misalnya, mereka lebih senang membeli sepatu yang mahal tapi awet, dibanding sepatu yang murah tapi cepat rusak. Karena mereka akan menghitung nilai dari barang tersebut. Sekalipun murah, tapi kalau gak tahan lama, akhirnya jadi boros juga.

3. Puas dengan gaji tetap

Orang yang sukses, umumnya gak puas dengan gaji tetap yang selama ini didapat. Bukannya tak bersyukur, tapi mereka sadar, hanya mengandalkan keuangan pada satu sumber penghasilan saja, sangat berisiko.

Kita ambil contoh kasus pandemi saat ini. Tak akan ada yang menyangka, bukan, kalau pandemi akan berlangsung lama dan berdampak pada berbagai sektor? Bahkan perusahaan yang tampak sehat pun kena imbasnya juga, sehingga harus mem-PHK ribuan karyawannya.

Maka dari itu, orang yang sukses akan selalu mencari peluang untuk menambah pundi-pundi penghasilannya. Tak cepat puas!

4. Ingin kaya dengan instan

Ada banyak orang yang tertipu dengan investasi bodong akibat tergiur dengan janji untuk bisa kaya dalam waktu cepat. Tergoda dengan untung besar, bahkan dengan rasio tak masuk akal, akhirnya mengambil risiko tersebut. Bukan untung, malah buntung!

Dan kesalahan ini gak dilakukan oleh orang sukses. Mereka paham, semakin tinggi keuntungan yang didapat, risiko semakin besar, dan upaya yang mesti diraih pun semakin tinggi. Tak mungkin ada, tinggal leha-leha, kemudian dapat untung banyak dengan seketika. Itu hanya tipu-tipu!

Hindari kesalahan tadi, ya, supaya kamu bisa ketularan sukses dengan segera!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak