alexametrics

Mulailah Hidup Tanpa Mencari Pengakuan dari Orang Lain, Lakukan 4 Cara Ini!

Rizki Putra
Mulailah Hidup Tanpa Mencari Pengakuan dari Orang Lain, Lakukan 4 Cara Ini!
Ilustrasi bahagia. (pexels.com/Matheus Bertelli)

Hidup ada kalanya ingin bisa diakui oleh orang lain. Ingin dipandang sebagai orang yang hebat, diakui sebagai orang penting, dan lainnya. Hal ini disebut juga dengan validasi. Namun, hal ini memang wajar terjadi oleh setiap orang. Sebab, tidak ingin dianggap remeh oleh orang lain.

Tapi, sangat disayangkan kalau ingin terus-terusan mencari validasi dari orang lain. Sampai-sampai melupai keinginan dari diri sendiri. Maka dari itu, simak 4 cara berhenti mencari pengakuan dari orang lain.

1. Jangan membandingkan dengan orang lain

Salah satu penyebab seseorang merasa minder adalah selalu membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Entah dalam karier, pendidikan, kekayaan dan lainnya.

Hal ini sangatlah merugikan diri sendiri, sebab tidak mencintai dan meragukan kemampuan yang dimiliki. Ada baiknya untuk bisa fokus terhadap diri sendiri, agar hidup bisa damai dan tidak waktumu tidak terbuang sia-sia untuk mencari validasi dari orang lain.

2. Membuktikan kemampuan terbaikmu

Memang untuk bisa membuktikan kehebatan sebagian orang selalu mencari validasi orang lain. Namun, kalau kamu bisa fokus terhadap kemampuanmu dan menampilkan hasil terbaikmu, pasti akan sendirinya orang mengakui kehebatanmu, kok.

Maka dari itu, gunakan waktumu sebaik mungkin, untuk mengembangkan kemampuanmu dan mewujudkan cita-citamu. Ada waktunya kamu bisa diakui oleh orang lain, tanpa perlu membuang waktu hanya untuk mencari pengakuan dari mereka.

3. Hindari pikiran negatif

Kalau kondisi diri sedang mendapatkan tekanan dari luar, seperti selalu memikirkan perkataan atau dianggap remeh orang lain, itu bisa membuat dirimu mudah dikuasai oleh hal yang negatif. Semua tergantung dari diri sendiri untuk menghindari hal buruk pikiran seperti itu.

Kalaupun dirimu ingin sekali mencari validasi dari orang lain, maka carilah kegiatan positif yang bisa mendominasi dengan hal-hal baik. sehingga, tidak membuang waktumu dan mengurangi hal buruk yang selalu dikatakan orang lain terhadapmu.

4. Melihat pencapaianmu selama ini

Penyebab orang yang selalu mencari pengakuan dari orang lain adalah tidak memiliki rasa percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Maka cobalah untuk melihat pencapaianmu selama ini sebagai bahan evaluasimu kedepannya.

Meskipun perkembanganmu pelan-pelan saja, itu memang hal yang biasa terjadi, asalkan kamu tetap bisa bertahan dan mencari cara supaya keinginanmu bisa terwujud. Pola pikir sangat berpengaruh terhadap pencapaianmu saat ini maupun kedepannya.

Berdasarkan ulasan di atas, meragukan kemampuan diri sendiri bisa diatasi dengan cara fokus terhadap tujuan dan selalu mau evaluasi diri. Sehingga, menggunakan waktu sebaik mungkin untuk melakukan hal positif untuk memperoleh tujuan dalam hidup.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak