facebook

Terhenti di Tengah Jalan, Berikut 5 Tips Agar Konsisten Melakukan Sesuatu

Funcrev Id
Terhenti di Tengah Jalan, Berikut 5 Tips Agar Konsisten Melakukan Sesuatu
Ilustrasi bekerja. (unsplash)

Dalam berproses tentu saja sudah menjadi hal yang wajar jika kita kerap menemui hambatan-hambatan. Salah satu hambatan yang kerap dialami banyak orang adalah hilangnya motivasi di tengah jalan sehingga menyebabkan proses tersebut terhenti begitu saja. 

Kurangnya konsistensi dan fokus terhadap apa yang dilakukan, sering kali menjadi rintangan terbesar seseorang saat menuju suatu tujuan. Konsistensi ini biasanya kian menurun seiring dengan tidak lamanya perjalanan. Hal ini yang kemudian banyak menjadi masalah dan menyebabkan orang terhenti begitu saja di tengah perjuangan.

Untuk menghindari hal tersebut berikut beberapa tips untuk tetap konsisten dan fokus terhadap tujuan yang sedang kita jalani.

1. Jangan terlalu fokus pada hasil akhir

Hasil akhir yang tak kunjung terlihat hilalnya biasanya menjadi faktor krusial seseorang berhenti di tengah jalan. Namun terlalu memikirkan bagaimana hasil akhirnya juga kurang tepat.

Agar tetap terus konsisten dan fokus cobalah untuk selalu menikmati setiap prosesnya. Setiap langkah baik itu kecil maupun besar tentu ada pelajaran di dalamnya. Cobalah untuk berfokus pada proses dibandingkan harus terus menatap hasil akhir. 

2. Kuatkan komitmen

Tidak ada yang mudah dalam berjuang, semudah-mudahnya tetap akan ada rintangan. Disinilah peran komitmen itu bekerja. Kamu tidak bisa begitu saja memulai sesuatu tanpa menanamkan dengan pasti komitmen yang kuat dalam diri. 

Komitmen ini akan sangat membantu sekali ketika kamu merasa lelah atau bahkan sedang merasa di titik terendah menjalani proses. Komitmen ini jugalah yang akan kembali menguatkan kamu untuk terus melanjutkan apa yang sudah kamu mulai. Jadi cobalah untuk memiliki komitmen dengan diri masing-masing.

3. Lakukan secukupnya

Hasil yang maksimal adalah impian semua orang dalam berproses. Namun terlalu memaksakan diri untuk bekerja terlalu ekstra juga tidak baik. Hal dapat membuat konsistensi menurun di tengah jalan karena terlalu lelah dan hasil tak kunjung tampak.

Melakukan sesuatu secara berlebihan, hanya akan memicu rasa bosan yang bisa membuat kita akan goyah begitu saja. Jadi jika ingin menjadi orang yang konsisten, maka coba terapkan kebiasaan untuk melakukan sesuatu secukupnya. Hal itu akan lebih membantu untuk tetap fokus pada hal-hal yang sedang dilakukan.

4. Jauhkan pikiran negatif

Jangan pernah berpikir negatif, hanya karena hasil tak kunjung terlihat hilalnya. Pikiran-pikiran negatif inilah yang nantinya bisa membuat kita pesimis dengan apa yang sudah dilakukan sampai sejauh ini.

Pikiran negatif ini juga bisa menjadi racun baru seperti tidak percaya diri dan mudah menyerah. Jika hal ini terjadi maka segala hal yang kita lakukan tidak ada yang akan selesai. Maka dari itu buang jauh-jauh pikiran negatif apapun saat berproses.

Cobalah berpikir positif dan berprasangka baik dalam segala hal. Lalu rasakanlah hal yang kalian alami dan secara perlahan-lahan maka kalian akan bisa konsisten dalam segala hal.

5. Hiraukan komentar buruk

Seperti yang disebutkan di atas, dalam berjuang tentu akan ada sesekali bahkan berkali-kali hambatan. Tentu saja akan ada banyak jenisnya, salah satu yang juga sering membuat seseorang putus asa di tengah jalan adalah komentar buruk. 

Jika hal ini terjadi kepada kamu, hanya satu yang perlu kamu ingat, fokuslah pada tujuan yang selama ini ada dalam bayangan di kepalamu. Percayalah bahwa di saat kita sukses meraih keberhasilan pun akan tetap ada komentar buruk tentang apa yang kita lakukan. 

Kuncinya cuma satu, hiraukan itu semua, anggap hal tersebut sebagai motivasi untuk kamu dapat berproses lebih baik lagi. Bukankah menyenangkan jika kamu bisa tersenyum saat di atas setiap komentar buruk yang telah kamu lalui saat nanti berhasil mencapai apa yang selama ini kamu tuju.

Itulah tadi lima tips menjaga konsistensi diri agar tidak berhenti berjuang di tengah perjalanan. Hambatan itu pasti, tapi perlu ingat kembali apa tujuan kamu sebenarnya dan jadikan itu sebagai bekal kamu menuju kesuksesan dan mencapai apa yang selama ini kamu dambakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak