alexametrics

7 Tips Mudah Mengatasi Stres, Kondisi Mental Kamu Jadi Selalu Sehat!

Latifah ..
7 Tips Mudah Mengatasi Stres, Kondisi Mental Kamu Jadi Selalu Sehat!
Ilustrasi karyawan stres. (freepik.com/pressfoto)

Stres tak bisa dihindari dalam keseharian. Selama kamu hidup, pasti akan menemui banyak situasi yang dapat membuatmu stres.

Jadi, kamu gak bisa benar-benar menghilangkan stres. Yang dapat kamu lakukan hanyalah meminimalkannya, supaya tak berbahaya bagi kondisi mentalmu. Dan berikut ini, ada beberapa cara mengatasi stres, supaya kesehatan mentalmu tetap terjaga.

1. Memberi jeda

Buat kamu yang profesinya di balik meja, mau gak mau mengharuskan duduk lama. Namun, hal tersebut gak baik bagi kesehatan fisik juga mental. Kamu jadi mudah stres.

Untuk mengatasinya, coba beri jeda. Misalnya, setiap satu jam sekali, lakukan peregangan atau jalan ke luar ruangan. Hal ini supaya aliran darahmu tetap lancar, sehingga bisa meminimalkan stres.

2. Cukup istirahat

Jangan biasakan begadang, karena dampaknya buruk bagi kesehatan tubuh maupun otak. Dengan istirahat yang cukup, otakmu jadi punya cukup waktu untuk memulihkan diri. Sehingga, kamu lebih mudah kalem ketika mendapati situasi yang gak kamu inginkan. Gak gampang stres!

3. Hindari makan siang di meja kantor

Ada tujuan kenapa kamu diberi istirahat makan siang. Selain untuk ibadah, hal tersebut juga berguna untuk menyegarkan kembali pikiran.

Maka dari itu, ganti suasana saat kamu istirahat siang. Jangan makan siang di meja tempat kamu kerja. Karena jadinya gak bisa rileks, selalu teringat dengan pekerjaan.

4. Lakukan meditasi

Setelah bangun tidur, kamu juga bisa melakukan meditasi atau latihan pernapasan untuk mengurangi stres. Dengan begitu, kamu jadi bisa lebih berkonsentrasi terhadap momen saat ini. Pikiranmu gak ke mana-mana jadinya!

5. Maksimalkan akhir pekan

Saat akhir pekan, jangan dihabiskan untuk tiduran saja. Tapi lakukan hal-hal lain yang bisa membuat hidupmu jadi bergairah. Misalnya, melakukan aktivitas di alam terbuka. Selain paru-parumu bisa mendapat asupan oksigen yang lebih bersih, kamu jadi bisa menikmati suasana berbeda.

6. Menulis buku harian

Menulis buku harian, bisa jadi jurus terapi tersendiri untuk mengurangi stres. Dengan menuliskan apa yang kamu rasakan, termasuk unek-unekmu, seperti mengeluarkan racun dari dalam dirimu.

7. Bernyanyi

Hal lain yang juga bisa meminimalkan stres, yakni melakukan hal-hal menyenangkan, misalnya bernyanyi. Coba deh, dan rasakan manfaatnya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak