alexametrics

Berencana Menikah? 4 Bekal Pengetahuan yang Mesti Kamu Persiapkan

Latifah ..
Berencana Menikah? 4 Bekal Pengetahuan yang Mesti Kamu Persiapkan
Ilustrasi pasangan romantis. (freepik.com/jcomp)

Pernikahan bukanlah perkara sepele. Di dalamnya tak hanya berisi kisah romantis suami istri. Tapi juga hadir banyak tanggung jawab.

Maka dari itu, sebelum menikah, hendaknya kamu membekali diri dengan beberapa pengetahuan yang penting dalam membentuk mahligai rumah tangga. Seperti beberapa hal berikut ini!

1. Persepsi tentang pernikahan

Sebelum kalian memutuskan ke jenjang serius itu, ada baiknya sudah membicarakan terlebih dahulu seperti apa gambaran pernikahan masing-masing. Ini langkah penting, supaya kalian punya kesamaan persepsi pernikahan.

Rumah tangga kalian nantinya akan sulit berjalan harmonis, bila salah satu dari kalian, atau malah dua-duanya, belum benar-benar paham apa arti dari pernikahan itu sendiri. Tahunya cuma kalau menikah, bisa pacaran dengan halal!

2. Komitmen dalam pernikahan

Kendati kalian sudah berpacaran sebelumnya, dan sedikit banyak telah mengenal satu sama lain, tak menjamin ketika menikah nanti, hubungan akan sama. Karena saat kalian sudah tinggal seatap, yang dihadapi bakal berbeda dibanding ketika masih pacaran.

Bila kalian belum dibekali kesadaran untuk komitmen yang kuat, ketika mendapati ada sedikit kekurangan pasangan, gampang sekali minta pisah dengan alasan tidak cocok. Padahal, pernikahan itu adalah sebuah perjalanan hidup, di mana kalian akan berproses untuk senantiasa belajar.

3. Bagaimana berkomunikasi dengan pasangan

Aspek komunikasi ini bukan cuma bisa bicara kepada pasangan. Akan tetapi, bagaimana cara berkomunikasi yang efektif. Dan jika ilmu perihal ini kurang memadai, komunikasi bisa jadi sumber cekcok di rumah tangga kalian nanti.

Misalnya, karena kurang membekali diri bagaimana berkomunikasi yang baik di hubungan, setiap kali ada masalah, kamu langsung nyerocok ke pasangan. Tanpa dilihat dulu bagaimana kondisi pasangan saat itu. nggak ada kontrol sama sekali. Akibatnya, pasangan bukannya mendengarkan, malah jadi emosi, karena kondisi mental dan fisiknya memang sedang lelah.

4. Pengetahuan mengenai keuangan

Ada banyak pasangan yang ketika pacaran mesranya bukan main, tapi pas menikah, tiap hari selalu bertengkar. Ternyata, permasalahannya uang.

Karena dulu tak menyadari, bahwa berumah tangga itu nggak hanya modal cinta, asal memutuskan saja untuk menikah. Tanpa dibarengi kesiapan finansial. Semoga kamu dan pasangan nggak seperti ini, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak