alexametrics

Google Arts & Culture: Jelajahi Museum Secara Virtual Tapi Terkesan Nyata!

hestika yustisia
Google Arts & Culture: Jelajahi Museum Secara Virtual Tapi Terkesan Nyata!
Van Gogh Museum (Unsplash/Frans Ruiter)

Adanya pandemi membuat kita sulit pergi ke mana-mana. Termasuk untuk mengunjungi museum. Untuk beberapa orang, mengunjungi museum bisa menjadi ketertarikan tersendiri. Bahkan beberapa di antara mereka menjadikan museum sebagai tempat healing.

Bagi kalian yang tidak bisa pergi ke museum karena kondisi pandemi ataupun sedang sibuk, masih ada solusinya yakni Google Arts Culture. Mungkin menikmati museum secara virtual dapat menjadi salah satu solusi yang bisa kalian lakukan. Kalian bisa menikmatinya kapan saja dan di mana saja.

Google Arts & Culture

Museum Explorer (artsandculture.google.com)
Museum Explorer (artsandculture.google.com)

Pernahkah kalian mendengar mengenai Google Arts & Culture?

Google Arts & Culture merupakan salah satu platform yang dibangun oleh Google, dirilis pada 1 Februari 2011. Bekerja sama dengan beberapa museum dan seniman di seluruh dunia, Google Arts & Culture menawarkan penjelajahan museum secara virtual.

Selain dapat menjelajahi museum, kalian juga bisa menjelajahi galeri maupun tempat bersejarah terbaik di dunia.  Terdapat pula tur Google Street View ke lebih dari 1.000 situs sejarah dan budaya. Kalian juga bisa melihat karya seni dengan resolusi gambar yang sangat tinggi.

Fitur Google Arts & Culture

Fitur Google Arts & Culture (artsandculture.google.com)
Fitur Google Arts & Culture (artsandculture.google.com)

Selain dapat menjelajahi museum secara virtual, Google Arts & Culture juga menawarkan fitur-fitur lain yang dapat kalian nikmati juga.

Ketika mengunjungi website Google Arts & Culture, kalian akan menemukan beberapa fitur seperti Today’s Top Picks, Google Arts & Culture Games, Today’s Topic, Museum Explorer, Meet the Pandas, Choose Your Interactive Experience, Recommended for You, Start Exploring, What's Your Favorite Color?, What Are You Looking For?, The Faces Behind The Food, A Celebration Of Black British History, dan masih ada beberapa lainnya.

Kalian dapat melihat berbagai koleksi karya seni dari berbagai museum hanya dengan mengakses Google Arts & Culture. Kalian akan melihat gambar karya seni dengan kualitas yang sangat tinggi. Kalian juga bisa mempelajari sejarah dari setiap seni yang ada. Terdapat pula audio yang disediakan untuk membantu kalian menikmati setiap karya.

Museum Explorer

Museum Explorer (artsandculture.google.com)
Museum Explorer (artsandculture.google.com)

Untuk mengeksplor museum secara virtual, kalian bisa menuju ke fitur ‘Museum Explorer’. Terdapat 2.000 lebih museum yang dapat kalian lihat secara virtual. Di antaranya yaitu MoMA The Museum of Modern Art, Van Gogh Museum, The Munch Museum, The State Russian Museum, dan masih ada beberapa lainnya.

Melalui fitur ‘Museum Explorer’ kalian dapat menikmati membaca artikel yang berkaitan dengan museum, koleksi yang dimiliki museum, mengelilingi museum secara virtual, hingga acara yang akan diadakan oleh museum tersebut.

Selain melalui website, kalian juga bisa menikmati Google Arts & Culture melalui aplikasi yang bisa kalian unduh di Play Store maupun App Store.

Bagaimana tertarik untuk Google Arts & Culture?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak