alexametrics

4 Alasan Kamu Merasa Kesepian Meskipun Punya Pasangan, Ekspektasi Ketinggian!

Riva Khodijah
4 Alasan Kamu Merasa Kesepian Meskipun Punya Pasangan, Ekspektasi Ketinggian!
Ilustrasi wanita mengecek HP (pexels/mikoto.raw Photographer).

Sejatinya, adanya pasangan seharusnya bisa membuat kamu semakin bahagia dan gak merasa sendirian. Tapi, kenyataannya malah bisa terjadi sebaliknya. Punya pasangan, tapi merasa kesepian.

Kenapa itu bisa terjadi? Berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan yang dapat jadi penyebabnya. Simak baik-baik!

1. Tidak terpenuhinya kebutuhan emosional

Masih banyak orang yang belum sadar bahwa dalam hubungan, gak hanya kebutuhan nafkah atau seksual saja yang penting. Akan tetapi juga kebutuhan emosional. Yakni, perasaan dihargai, dihormati pendapatnya, suportif ketika kamu mengalami kesulitan, dan berbagai tindakan lain yang dapat membuatmu selalu merasa dicintai ataupun disayang.

Akibat kebutuhan emosional ini tidak terpenuhi, kamu jadi tetap merasa sendirian kendati sudah memiliki pasangan. Bahkan, kesepian itu bisa dialami, ketika kalian sedang berdua. Misalnya, saat kalian di rumah, alih-alih saling bicara dalam suasana hangat, pasangan malah sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Sehingga, secara fisik kalian dekat, tapi ikatan emosionalnya rapuh.

2. Realitas tak sesuai dengan ekspektasi

Penyebab lain yang dapat menimbulkan perasaan kesepian, yakni ketika realitas tak sesuai dengan ekspektasi. Sebelum kalian menikah, kamu sudah punya harapan atau bayangan, bagaimana nanti rumah tangga akan berjalan.

Namun, ternyata kenyataannya berbeda jauh. Bukannya rukun, kalian malah sering bertengkar, bahkan untuk hal-hal sepele. Tiap hari rasanya tak bisa bebas dari adu argumen. Rasa lelah batin inilah yang membuatmu jadi nelangsa.

3. Memiliki tuntutan yang tinggi terhadap pasangan

Punya harapan tertentu pada pasangan atau hubungan, itu sah-sah saja. Tapi, kalau sudah terlalu berlebihan, malah bisa mengundang kecewa. Dan ketika kekecewaan itu terus-menerus terjadi, kamu jadi merasa capek dan hampa.

Cobalah untuk realistis dan menerima pasangan apa adanya. Dengan begitu, kamu jadi punya rasa toleransi yang besar ketika mendapati ketidaksempurnaan yang dipunyai pasangan. Sehingga, tak mudah kecewa.

4. Jarang melakukan aktivitas berdua

Meski sudah tinggal seatap, bukan berarti kalian menghilangkan momen-momen romantis berdua. Kencan bersama pasangan, itu tetap harus diagendakan. Supaya, kalian gak terjebak pada rutinitas semata. Karena kebosanan akibat melakukan aktivitas yang sama berulang kali, dapat mendorong munculnya rasa kesepian.

Itulah alasan mengapa kamu kesepian padahal punya pasangan. Mengalami juga?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak