alexametrics

Ingin Pernikahan Bahagia? 4 Hal Ini Wajib Dibicarakan Terlebih Dahulu dengan Pacar

Riva Khodijah
Ingin Pernikahan Bahagia? 4 Hal Ini Wajib Dibicarakan Terlebih Dahulu dengan Pacar
Ilustrasi pernikahan. (pexels.com/@soulseeker)

Tak ada satupun yang berniat menikah untuk menderita. Pasti ingin bisa hidup bahagia bersama pasangan, bukan?

Nah, untuk mewujudkannya, ada beberapa hal yang wajib kamu bicarakan dulu dengan pacar sebelum kalian menikah. Ingin tahu? Simak pembahasannya, ya!

1. Persoalan keuangan

Selain perselingkuhan, persoalan keuangan ini juga jadi sumber perceraian yang cukup sering terjadi. Misalnya, seorang istri merasa capek ketika suami tak kunjung bekerja karena malas. Sementara, kebutuhan keluarga itu sangatlah besar.

Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum kalian menikah, ada baiknya dibicarakan persoalan keuangan. Apakah nanti keuangan keluarga ditanggung bersama, atau jadi tanggung jawab penuh suami.

Hal lain yang juga krusial terkait keuangan dan mesti kamu sepakati dengan pasangan, yakni perihal berapa jumlah untuk diberi ke orang tua atau mertua, bagaimana tempat tinggal nanti, apakah ingin mengontrak, mencicil rumah sendiri, atau tinggal seatap dengan mertua. Hal-hal seperti itu, jangan diremehkan. Karena bisa jadi sumber pertengkaran di rumah tangga, bila kalian berselisih pendapat.

2. Cara mengelola stres

Bagaimana seseorang mengelola stres itu bisa berbeda-beda. Misalnya, ada sebagian orang yang butuh menyendiri ketika pikiran sedang mumet, atau sedang tertekan.

Nah, kalian mesti terbuka mengenai persoalan ini. Supaya, di kemudian hari tidak terjadi kesalahpahaman. Dikiranya, dia menghindari masalah. Padahal, itu memang kebiasaannya untuk mengademkan pikiran biar jernih!

3. Persoalan keturunan

Ada pula pasangan yang cerai akibat masalah keturunan. Karena sudah punya ekspektasi tinggi bahwa nantinya setelah menikah bisa langsung punya anak, ternyata Tuhan berkehendak lain. Bertahun-tahun menikah, buah hati tak kunjung datang. Yang awalnya kecewa, jadi berbuah menyalahkan satu pihak. Rumah tangga pun kandas.

Kalian mesti satu suara mengenai persoalan keturunan. Karena akan sulit, bila kamu sangat mengharapkan punya anak, sementara pasanganmu nggak mau cepat-cepat. Bisa runyam jadinya. Pernikahan nanti bakal penuh adu argumen.

4. Cara mengasuh anak

Tak jarang, lho, karena beda pandangan mengenai cara asuh, akhirnya hubungan suami istri jadi renggang. Oleh sebab itu, sebaiknya sebelum kalian menikah, ada baiknya bekali dengan ilmu yang memadai terkait pengasuhan. Supaya kalian bisa satu frekuensi!

Jadi, sebelum memutuskan untuk maju ke jenjang pernikahan, jangan sampai lupa atau sengaja menghindari membahas 4 hal di atas ya. Ingat, pernikahan bukan permainan!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak