alexametrics

4 Cara Bijak Menyikapi Ditinggal Teman-teman Menikah, Boleh Saja Bersedih!

Latifah ..
4 Cara Bijak Menyikapi Ditinggal Teman-teman Menikah, Boleh Saja Bersedih!
Ilustrasi wanita sedih. (pexels.com/Liza Summer)

Jodoh setiap orang memang tak ada yang tahu. Ada yang baru pacaran, sudah menikah. Ada pula yang sudah bertahun-tahun pacaran, tapi akhirnya harus berpisah.

Saat melihat teman-teman seusia sudah berkeluarga. Sementara hanya kamu yang masih sendiri. Ada kalanya timbul kegamangan, kenapa jodohku belum datang juga. Padahal, dari segi kualitas kepribadian, nggak berbeda dengan teman-temanmu yang lain.

Nah, supaya nggak sedih kelamaan, apalagi membuatmu mengambil keputusan salah, misalnya asal pilih pasangan, berikut ini cara bijak menyikapi saat kamu ditinggal teman-teman menikah. Yuk, ikuti!

1. Sadari, hidup bukanlah perlombaan

Hal pertama yang mesti kamu lakukan supaya bisa menyikapi dengan bijak melihat teman-teman sudah berkeluarga, tapi kamu masih sendiri, yakni menyadari, bahwa hidup ini bukanlah perlombaan. Tiap orang punya jalan ceritanya masing-masing.

Kendati saat ini kamu belum menemukan jodoh yang tepat, bukan berarti di kemudian hari kamu bakal sendiri selamanya, kan? Sabar saja, dan percayakan pada rencana Tuhan. Pasti ada hikmah di balik semua hal yang terjadi.

2. Jangan menyalahkan diri sendiri karena bersedih

Kondisi mental seseorang itu naik turun. Kalau sedang fit, mungkin kamu bisa bersikap biasa saja ketika mendapati teman-teman sudah menikah, atau saat kamu hadir ke kondangan teman.

Akan tetapi, saat kamu sedang down, mudah sekali untuk merasa sedih untuk hal-hal yang sebelumnya nggak begitu mengganggumu. nggak perlu menyalahkan diri atau mengutuk dirimu karena kamu galau atau terbersit iri, ingin bisa seperti teman-teman yang lain, yakni punya pasangan.

Berikan waktu dirimu untuk lampiaskan kesedihan. Setelah lega, balik lagi ke poin pertama. Ingatkan diri, bahwa tiap orang punya kisahnya masing-masing. Jadi, kamu mesti bangkit dan semangat lagi menjalani hari.

3. Ada banyak hal penting lainnya di hidup ini selain urusan cinta

Persoalan asmara bukanlah hal satu-sataunya yang penting di dunia ini. Kamu masih punya keluarga, teman, karier, dan banyak hal lain yang mesti kamu perhatikan.

Fokuskan saja ke hal-hal tadi. Untuk menjadikan hidupmu berarti, nggak harus menunggu sudah punya pasangan dulu, kan?

4. Manfaatkan waktu untuk persiapan diri

Mumpung belum bertemu jodohmu, coba manfaatkan waktu yang ada sebaik mungkin untuk mempersiapkan ketika nanti tiba pasangan yang sudah kamu tunggu-tunggu. Apakah itu persiapan dari segi keuangan, mental, pengasuhan dan pendidikan anak, dan sebagainya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak