alexametrics

Mau Hubungan Makin Erat? Ini 5 Tips Komunikasi Efektif dengan Pasangan

Riva Khodijah
Mau Hubungan Makin Erat? Ini 5 Tips Komunikasi Efektif dengan Pasangan
Ilustrasi pasangan romantis. (freepik.com/master1305)

Sebagian besar orang sudah memaklumi, bahwa semakin bertambah usia hubungan, maka keromantisan pun nggak bisa lagi seperti dulu. Bahkan tak jarang, hubungan jadi semakin renggang. Padahal, seharusnya nggak mesti seperti itu, bila kamu dan pasangan berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hubungan.

Di antara kunci untuk semakin mempererat ikatan antara kamu dan pasangan, terletak pada komunikasi. Dan berikut ini, beberapa tips komunikasi efektif yang bisa kalian lakukan. Terus disimak, ya!

1. Lihat situasi dan kondisi saat hendak berbicara

Bagaimana kondisi hati seseorang, dapat memengaruhi efektivitas komunikasi. Oleh sebab itulah, sebaiknya kamu cermati dulu bagaimana situasi dan kondisi pasangan. Apakah apa yang akan kamu bicarakan, tepat diungkapkan saat itu juga.

Hindari membicarakan hal-hal berat atau masalah dalam hubungan, ketika emosi pasangan sedang tak baik-baik saja. Misalnya, dia sedang stres atau kelelahan. Karena kondisi tersebut, rentan picu pertengkaran.

2. Fokus pada apa yang kalian bicarakan

Supaya komunikasi berjalan dengan baik, biasakan untuk menghilangkan hal-hal yang dapat mengganggu. Misalnya, kehadiran gadget.

Ini penting, lho. Karena ada banyak orang yang merasa tak masalah ngobrol sambil lihat HP. Padahal, tindakan tersebut tak sopan dan mencerminkan nggak adanya saling menghormati.

3. Melakukan kontak mata

Memang, nggak semua orang bisa nyaman untuk melakukan kontak mata. Namun, kamu memang perlu melatihnya. Karena dengan melakukan kontak mata, nggak hanya bisa membantu pasangan bisa fokus dalam obrolan, juga membuktikan, kalau kamu benar-benar memerhatikan apa yang sedang dibicarakan.

4. Menjaga keterbukaan

Hindari menggunakan kode-kode halus, apalagi nyinyiran saat berkomunikasi dengan pasangan. Bukannya mempererat hubungan, hal tersebut malah bisa membuat pasangan jadi kesal. Dan kekesalan yang dipendam, bisa jadi cikal bakal rusaknya hubungan.

Berusahalah terbuka pada pasangan. Sampaikan apa yang menjadi unek-unekmu. Karena cuma memendamnya, atau berusaha mengomunikasinnya lewat kode, nggak akan bisa tersalurkan dengan baik, apa yang menjadi permasalahannya.

5. Jangan selalu mendominasi percakapan

Komunikasi yang efektif, berjalan dua arah. Ada bicara, ada pula mendengarkan. Jangan cuma mau jadi pihak pembicara saja, tapi kamu harus pula mengesampingkan ego, untuk mampu jadi pihak pendengar yang baik. Sikap demikian, bikin pasangan nyaman, lho!

Lakukan hal-hal tadi, supaya komunikasi antara kamu dan pasangan berjalan dengan efektif. Ikatan cinta kalian jadi selalu erat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak