alexametrics

4 Manfaat saat Kamu Bisa Menerima Diri Sendiri Apa Adanya, Lebih Bahagia!

Riva Khodijah
4 Manfaat saat Kamu Bisa Menerima Diri Sendiri Apa Adanya, Lebih Bahagia!
Ilustrasi wanita tersenyum. (pexels.com/Julia Avamotive)

Ada banyak hal yang membuatmu jadi sulit menerima diri sendiri. Salah satunya, karena sering melihat berbagai unggahan di media sosial dan melihat banyak dari mereka sudah mencapai apa yang selama ini kamu impikan.

Melihat kehidupan orang lain yang tampak bahagia, kamu jadi mudah terjatuh dalam perilaku mengutuk diri sendiri. Dan ingin bisa menjadi orang lain. Padahal, hal tersebut malah bikin kamu jadi sulit bahagia.

Ini beberapa manfaat yang akan kamu dapat, apabila sudah berhasil menerima diri sendiri apa adanya. Ingin tahu? Simak terus!

1. Hidup jadi terasa lebih nyaman

Ketika kamu telah mampu menerima dirimu dengan seutuhnya, maka hidup jadi terasa jauh lebih nyaman. Kamu nggak seperti dikejar-kejar untuk meraih standar yang orang lain tetapkan.

Kamu mampu merancang desain hidupmu sendiri, tanpa pusing dengan pendapat orang lain. Hidup benar-benar ada dalam kendalimu.

2. Kamu nggak takut untuk mencoba hal-hal baru

Salah satu bentuk penerimaan diri, yakni menerima bahwa kamu pun punya sisi kurang, serta bisa saja mengalami kegagalan. Saat kamu bisa ikhlas dengan berbagai kekurangan yang kamu punya, serta kemungkinan melakukan kekeliruan, hidup jadi terasa lebih enteng dijalani.

Kamu nggak takut untuk mencoba hal-hal baru. Karena dalam diri telah ada penerimaan, sekalipun apa yang kamu coba itu tidak berhasil, ya sudah, gapapa. Yang penting, kamu sudah memberikan diri. Konsep seperti ini, membuat hidup jadi menarik. nggak monoton!

3. Kamu terhindar dari menyalahkan diri sendiri

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Hanya saja, terus menyalahkan diri sendiri, nggak akan bermanfaat apa-apa. Yang ada, malah merusak mentalmu sendiri.

Saat kamu mampu menerima dirimu apa adanya, termasuk berbagai kekeliruan yang kamu lakukan, kamu nggak terus terjatuh dalam perilaku mengutuk diri sendiri. Kamu akui kesalahan itu, ambil hikmah di dalamnya, dan melangkah kembali.

4. Lebih bisa menikmati hidup

Sekalipun kamu punya keinginan bisa memiliki hidup nyaman layaknya orang lain, tapi nggak membuatmu lupa bersyukur dengan apa yang sudah kamu punya saat ini. Dan sikap bersyukur tadi, membuatmu bisa lebih menikmati hidup. Kenapa memusingkan hal yang belum kejadian, sementara yang telah ada malah diabaikan. Jadi, nikmati saja momen sekarang. Begitulah pikirmu.

Nah, mulai sekarang, nggak perlu lagi, ya, iri dengan hidup orang lain. Jadilah dirimu sendiri. Hal itu bisa bikin kamu lebih bahagia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak