alexametrics

4 Tips Ampuh Melupakan Mantan Terindah, Jangan Terlalu Lama Galaunya!

Riva Khodijah
4 Tips Ampuh Melupakan Mantan Terindah, Jangan Terlalu Lama Galaunya!
Ilustrasi wanita sedih. (pexels.com/RODNAE Productions)

Mantan terindah biasanya disematkan pada sosok pasangan terdahulu yang punya berbagai sikap baik, dan kalian pun banyak menghabiskan momen-momen indah berdua. Hanya saja, karena berbagai hal, kalian mesti berpisah.

Tentu akan sulit untuk melupakan orang yang pernah singgah di hatimu sebelumnya. Tapi, terlalu lama memikirkannya, bahkan berlarut-larut galau, hanya akan berdampak buruk bagi kehidupanmu.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk bisa melupakan mantan terindah. Apa saja? Simak terus!

1. Berhenti berpikir bahwa kamu rugi sudah berpisah darinya

Kendati ada banyak kenangan indah bersamanya, tapi pasti ada alasan mendasar yang membuat hubungan kalian gagal. Karena itulah, hindari menyesali apa yang telah terjadi di masa lalu. Buang jauh-jauh pemikiran bahwa kamu sudah rugi telah pisah darinya.

Pemikiran seperti itu, sama saja dengan meremehkan diri sendiri, lho. Ada dia atau enggak, kamu itu tetap berharga.

2. Ingat-ingat kembali alasan kenapa hubungan kalian gagal

Kalau memang dia sosok tak bercela, maka pastinya kalian masih bersama, bukan malah pisah. Bila kemudian kalian putus, itu tandanya, ada hal-hal yang membuat kalian nggak bisa terus bersama. Apakah sikapnya yang kekanak-kanakan, atau sifat buruk lain yang tak bisa diubah.

Oleh sebab itu, ketika perasaan galau itu kambuh, cobalah mengingat kembali penyebab kalian tak bisa bersatu. Supaya kamu bisa cepat move on-nya.

3. Hindari langsung cari pengganti

Ketika putus darinya, jangan langsung mencari pengganti. Apalagi kalau alasannya untuk menghilangkan kesepian. Itu jahat, lho, buat pasanganmu yang baru. Karena bisa jadi dia tulus, tapi ternyata kamu memperlakukannya cuma sebagai pengisi kekosongan.

Cobalah beri waktu bagi dirimu sendiri untuk bersedih. Itu manusiawi, lho. Apalagi jika kamu dan mantan sudah berhubungan lama. Lepaskan saja semua emosi negatif yang kamu rasakan, supaya bisa keluar, sehingga kamu bisa lekah pulihnya dari luka patah hati.

4. Tak perlu mengasihani diri sendiri

Meski hubunganmu gagal, hindari mengasihani diri sendiri. Kegagalan dalam hidup bukanlah hal baru. Jadi, dibawa santai saja. Toh, masih ada banyak hal lain yang menarik untuk kamu jalani dalam hidup ini. Hidup nggak cuma berisi urusan asmara doang, kan?

Lakukan langkah-langkah tadi, agar kamu bisa segera melupakan mantan terindah, dan dapat beraktivitas normal kembali!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak