alexametrics

4 Alasan Kamu Bisa Lebih Berkualitas Walaupun Tidak Kuliah

Reza Hour
4 Alasan Kamu Bisa Lebih Berkualitas Walaupun Tidak Kuliah
Ilustrasi bekerja. (pexels.com/Raghav bhadoriya)

Kualitas diri seseorang tentu tidak hanya dilihat dari latar belakang pendidikan yang tempuh. Namun, seberapa besar bisa memiliki kesiapan dan mental yang kuat dalam menghadapi kenyataan hidup.

Sebab, persaingan untuk merintis karier saat ini tidak hanya sekedar tentang pendidikan. Namun, seberapa besar kemampuan dan pengalaman yang dimiliki. Hal ini jauh lebih penting dimiliki. Maka dari itu, simak 4 alasan kamu bisa berkualitas walaupun tidak kuliah.

1. Pengalaman yang lebih unggul

Ketika melihat teman-temanmu sedang sibuk dengan kuliahnya, namun justru kamu sudah merintis karier yang lebih dulu. Hal inilah alasannya mengapa kamu jauh lebih unggul dalam pengalaman.

Bagaimanapun juga, pengalaman adalah hal yang paling berharga dalam kehidupan. Maka dari itu, menandakan bahwa dirimu jauh lebih teruji ketika berada langsung di lapangan.

2. Tidak gengsi merintis karier dari bawah

Ada saja orang yang telah berpendidikan tinggi justru lebih pilih-pilih pekerjaan. Hal ini yang kerap kali merasa enggan untuk memiliki posisi level yang paling bawah. Padahal, merintis karier dibutuhkan pengalaman yang mumpuni untuk bisa mengetahui seberapa besar kemampuan yang dimiliki di lapangan.

Selain itu, kerap kali merasa dirinya lah jauh lebih baik dibandingkan orang yang tidak memiliki pendidikan yang tinggi. Alhasil, justru selalu mengedepankan gengsi daripada keahlian. Hal inilah yang membedakan dari kamu yang mau merintis karier dari bawah.

3. Tidah pilih-pilih pekerjaan

Terkadang ada orang yang memiliki gelar yang tinggi justru membatasi dirinya sendiri untuk sangat selektif dalam memilih pekerjaan. Sekalinya mendapatkan tawaran pekerjaan namun pada level rendah, merasa enggan atau bahkan merendahkan.

Hal ini yang membedakan darimu, kamu lebih mengetahui seberapa sulitnya membangun karier dan pengalaman. Hal inilah membuatmu tidak membatasi diri untuk pilih-pilih pekerjaan.

4. Lebih memahami arti dari kerja keras

Karena telah merintis karier sejak dini, sudah lebih terbiasa bekerja keras dan memiliki mental yang jauh lebih kuat. Kenyataannya, lebih memiliki kualitas yang lebih baik ketika berada di lapangan.

Berdasarkan ulasan di atas, pendidikan tinggi tidak selamanya jadi jaminan kualitas seseorang. Hal ini jangan jadikan dirimu minder dan patah semangat dalam merintis karier.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak