facebook

Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Mengusir Ketakutan Berlebih pada Atasan

Reza Hour
Dijamin Ampuh, Ini 4 Cara Mengusir Ketakutan Berlebih pada Atasan
Ilustrasi bekerja (pexels/Yan Krukov).

Menjadi seorang karyawan, tentu kita harus bisa menghormati dan menghargai rekan kerja. Hal ini juga berlaku juga pada atasan. Namun, memang ada rasa takut tersendiri jika menghadapi persoalan dengan atasan.

Kendati begitu, takut pada atasan secara berlebihan justru bisa berbahaya bagi pekerjaan. Sebab, ketakutan hanya akan membuat performa atau produktivitas menurun.

Walaupun demikian, tentu saja setiap orang memiliki alasannya sendiri mengapa mereka menganggap atasan sebagai sosok yang menakutkan.

Bagaimanapun juga, kamu harus bisa mengatasi rasa takut dengan tepat, ya. Nah, ini dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan supaya tidak lagi merasa takut pada atasan.

1. Pahami kemampuan diri sendiri

Biasanya, rasa takut bisa muncul karena kita tidak mempunyai kemampuan yang baik untuk menyelesaikan tugas dari atasan. Kenyataannya, kamu diterima bekerja karena kemampuanmu memang dibutuhkan oleh perusahaan tempatmu bekerja.

Semua itu kembali pada rasa percaya dirimu, ya. Pahamilah bahwa kamu sebenarnya memiliki nilai yang tinggi, sehingga dibutuhkan oleh perusahan tersebut. Jadi, tidak ada lagi perasaan minder atau takut pada atasan.

2. Belum tentu atasan menganggapmu sebagai orang yang tidak penting

Terkadang, kita kerap kali memikirkan sesuatu hal yang sebenarnya tidak semestinya dipikirkan. Hal ini berlaku soal perspektif atasan menilai diri kita. Sehingga, kita menganggap diri sendiri sebagai orang yang tidak penting bagi atasan.

Sebenarnya, atasan pun belum tentu berpikiran seperti itu justru dia lebih banyak fokus pada pekerjaan dibandingkan menilai dirimu. Maka dari itu, yuk mulailah untuk bersikap tenang dan bekerja dengan lebih bersemangat lagi.

3. Tingkatkan kemampuan dan berikan performa kerja yang terbaik

Hal yang membuat atasan merasa senang dengan hasil kerjamu adalah dengan cara memberikan prestasi yang baik. Maka dari itu, Jangan terus-menerus berdiam diri saja. Lebih baik tingkatkan kemampuan untuk memberikan nilai plus pada dirimu sendiri.

Sehingga, hal tersebut akan membantumu untuk meningkatkan performa kerjamu. Meskipun setiap manusia tidak luput dari kesalahan, tetapi setidaknya kamu terus berusaha untuk meminimalisir kesalahan-kesalahan dalam bekerja dengan cara memberikan performa yang terbaik.

4. Mulailah untuk berpikir positif

Penyebab rasa takut muncul ketika kita selalu berpikiran negatif dan sulit melupakan pengalaman buruk di masa lalu. Jadi, yang dipikiran hanya kemungkinan buruknya saja. Alhasil, itu membuatmu akan sulit mengambil langkah dalam meniti karier.

Tidak selamanya atasan akan terus-menerus memarahi. Apalagi jika kamu telah memberikan hasil kerja yang terbaik. Maka dari itu, mulailah untuk berpikir positif tentang pekerjaan, agar tidak menghambatmu selama bekerja.

Kalau terus-menerus takut pada atasan, justru akan merugikanmu, lho. Maka, tidak ada salahnya untuk berpikiran positif dan memberikan performa kerja terbaikmu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak