facebook

4 Tips Meminta Izin kepada Orang Tua yang Paranoid, Catat Baik-baik!

Funcrev Id
4 Tips Meminta Izin kepada Orang Tua yang Paranoid, Catat Baik-baik!
Ilustrasi orang tua dan anak. (unsplash).

Sudah menjadi kewajiban kita sebagai seorang anak untuk patuh dan taat kepada orang tua. Namun, terkadang orang tua terlalu ikut andil ke dalam kehidupan anak, sehingga buah hatinya dapat merasa terbebani. 

Sebagai orang tua, memang sudah sepatutnya untuk terus melindungi anaknya dari segala hal yang berbahaya. Akan tetapi, jika terlalu berlebihan, hal tersebut justru dapat membuat anak merasa tidak dihargai keputusannya. Bahkan dapat melakukan hal-hal yang tidak terduga. Hal seperti ini sangat mungkin terjadi karena tentu saja anak juga berhak untuk menentukan arah dan tujuannya sendiri.

Namun, bagaimana cara kita sebagai seorang anak untuk dapat meyakinkan orang tua bahwa hal tersebut aman? Berikut beberapa tips meminta izin kepada orang tua agar mudah mendapatkan baik saat hendak mengikuti sesuatu maupun ketika membuat pilihan.

1. Pilih waktu yang tepat

Membicarakan sesuatu yang penting memang butuh waktu yang tepat. Kamu tidak bisa begitu saja berbicara terkait hal-hal yang serius saat orang tua kamu justru sedang sibuk-sibuknya. Bukannya mendapatkan respons yang baik, bisa saja kamu justru akan kena marah.

Sebelum berbicara, tentukan dahulu waktu di mana orang tua kamu tengah rileks. Kemudian datangi dan bicarakan perlahan apa yang sedang kamu inginkan. Perlu diingat, lakukan hal ini dengan santai agar orang tuamu tidak berburuk sangka dengan apa yang sedang kamu inginkan. Dengarkan jawabannya baik-baik dan pastikan hal tersebut adalah hal yang bermanfaat untuk kamu.

2. Lakukan kebaikan

Sebelum meminta izin atau meminta sesuatu, kamu dapat lakukan tips yang satu ini, yaitu berbuat baik. Terkesan seperti cara yang licik, tapi cara ini bisa membuat orang tua kamu merasa bangga dan luluh hatinya. Lakukan saja hal-hal yang sederhana agar orang tua kamu bisa mengerti bahwa anaknya telah berbuat baik dan berhak diberi kesempatan.

Kamu juga bisa lakukan tips ini untuk membuka peluang untuk berbicara dengan orang tua kamu. Misal saat tengah membantu kamu buka manfaatkan momen tersebut untuk membicarakan apa yang kamu inginkan.

3. Berikan contoh dan gambaran

Tips selanjutnya untuk melancarkan izin dari orang tua adalah berikan gambaran baik tentang apa yang kamu inginkan. Semisal kamu ingin izin mengikuti suatu kegiatan, maka kamu bisa beri tahu apa saja manfaat dari kegiatan tersebut, dan berikan pula contoh orang-orang di sekitar kamu yang telah sukses.

Melalui cara ini, orang tua akan merasa mendapatkan gambaran terkait apa sesuatu yang tengah kamu tuju. Dengan begitu, orang tua akan lebih bisa mempertimbangkan lagi untuk menyetujui permintaan kamu.

4. Memahami keadaan orang tua

Terlepas dari usaha dan keinginan kamu akan sesuatu, tetapi perlu diingat kembali pentingnya memahami kondisi orang tua.  Mungkin saja orang tua melarang hal tersebut karena mereka tau bahwa itu kurang baik untuk kamu dan masa depan.

Walaupun memaafkan dan dan memahami keadaan bukanlah hal yang mudah, tetapi ingat, kamu juga harus belajar untuk dapat menerima kenyataan bahwa tidak semua yang diinginkan harus terjadi di saat itu juga. 

Itulah tadi tips meminta izin kepada orang tua over protective terhadap anaknya. Di balik semua sikapnya, pastilah mereka juga memiliki alasan yang kuat dan demi masa depan juga tentunya. Ingatlah, jika yang kita inginkan belum bisa hari ini, maka akan terjadi suatu saat nanti saat kita sudah benar-benar siap.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak