facebook

5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental

Mutami Matul Istiqomah
5 Manfaat Menangis untuk Kesehatan Mental
Ilustrasi Seseorang Menangis. (Pixabay)

Seseorang terkadang enggan untuk menangis, meskipun sekedar menangis dikamar sendirian. Kebanyakan orang mengartikan menangis sebagai bentuk kelemahan. Padahal, kita juga butuh menangis. 

Tidak perlu gengsi ketika tenggorokanmu sudah terasa mencekik dan sakit, seolah beban masalah tidak ada usainya. Menangislah. Biarkanlah air matamu luruh bersama sesak yang sudah kamu timbun dari waktu ke waktu. 

Menangis tidak membuatmu lemah. Menangis malah memberi banyak manfaat bagi kesehatan mentalmu seperti yang dijelaskan dibawah ini.

1. Melegakan perasaan

Setelah menangis, kamu akan merasa lega dan tenang. Bukan karena masalahmu teratasi, tapi karena kamu berhasi mengeluarkan emosi. 

Kamu yang berjalan dengan beban dan beban, tidak akan kuat jika terus bersikap bak malaikat. Kamu adalah manusia biasa, bisa sedih juga. Banyak orang menganggapmu kuat, dan kamu memang kuat. Tapi, manusia yang kuat bukan berarti manusia yang tidak menangis, kan?

2. Memperbaiki mood

Selepas menangis kemudian merasa lega, moodmu pasti akan membaik. Seolah kamu bisa berkata pada dirimu sendiri "Oke, sedih dan sakitku sudah keluar bersama air mataku, tadi. Sekarang waktunya semangat lagi, menjalani lagi, dan mengusahakan sebaik mungkin lagi".

Dan kamu bisa melangkah kedepan dengan tidak begitu banyak beban. 

3. Berdamai dengan diri sendiri

Menangis juga membuatmu berdamai dengan dirimu sendiri. Dengan menangis kamu lebih memahami bahwa kamu lelah dan kamu butuh jeda. 

Dengan menangis, kamu lebih mampu memahami banyak hal yang sudah kamu lewati dan sanggup bertahan sampai sejauh ini. Kamu lebih mensyukuri banyak hal yang sudah dirimu lakukan dan dapatkan.

4. Menghindari Stres

Menangis juga membuatmu menghindari stres, lho. Karena dengan menangis, emosimu bisa tersalurkan. Menangis, berteriak, tidak mengapa. Asal kamu tidak terbebani lagi, tidak terkekang, dan merasa sesak. 

5. Meningkatkan hubungan dengan orang lain

Menangis di depan orang lain juga meningkatkan hubunganmu dengannya lho. Dengan mengetahui kamu menangis, orang lain akan menyadari bahaa kamu membutuhkan dukungan, sahabat, dan tempat untuk berbagi sehingga hubunganmu dengannya menjadi lebih baik, lebih dekat, dan lebih peduli satu sama lain.

Nah, itulah beberapa manfaat menangis untuk kesehatan mentalmu. Jadi, mulai sekarang jangan pernah gengsi untuk menangis, ya! 

sumber:

hellosehat.com

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak