facebook

4 Tips agar Tidak Kembali Tidur setelah Bangun Pagi, Yuk Dicoba!

Rizky Melinda Sari
4 Tips agar Tidak Kembali Tidur setelah Bangun Pagi, Yuk Dicoba!
Ilustrasi Alarm (pexels.com).

Salah satu masalah yang dihadapi di masa new normal ini adalah susah bangun pagi. Aktivitas yang berangsur-angsur normal membuat kita mau tidak mau kembali beradaptasi, salah satunya bangun di pagi hari.

Saat masa pandemi sebelum new normal segala sesuatunya dilakukan secara online termasuk sekolah, kuliah, dan kerja dari rumah, kita tidak perlu bersiap-siap terlalu pagi. Bahkan, bangun tidur 5 menit sebelum kelas pun masih bisa kita lakukan.

Sekarang, mau tidak mau kita harus bersiap setidaknya 30 menit sebelum kegiatan dimulai.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan agar tidak kembali tidur saat sudah bangun di pagi hari.

1. Hindari bermain posel sebelum tidur

Salah satu penyebab kita bangun kesiangan atau kembali tidur setelah bangun pagi karena tubuh meminta tambahan waktu untuk istirahat. Bermain ponsel di malam hari sebelum tidur tanpa disadari membuat kita tidur semakin larut. Akibatnya, ketika bangun di pagi hari kita masih merasa kurang tidur.

Letakkan ponsel atau barang eletronik lainnya di tempat yang cukup jauh dan tidak terjangkau sebelum tidur. Usahakan untuk tidak bermain posel minimal 30 menit sebelum kita beranjak tidur.

2. Tempatkan alarm di tempat yang jauh

Alarm yang membangunkan kita di pagi hari usahakan agar diletakkan di tempat yang agak jauh dari tempat tidur. Hal ini bertujuan untuk menghindari kita agar tidak tidur kembali setelah mematikannya.

Letakkan alarm di dekat saklar lampu atau jendela agar setelah mematikannya, kita tergerak untuk menghidupkan lampu atau membuka tirai. Upaya ini dilakukan agar kita terhindar dari keinginan untuk kembali tidur.

3. Rapikan tempat tidur

Merapikan tempat tidur setelah mematikan alarm akan membuat kita terjaga dan setidaknya tidak berniat untuk kembali merebahkan tubuh karena tempat tidur sudah rapi. Merapikan tempat tidur juga akan membuat tubuh kita bergerak.

Kunci agar kita tidak kembali berniat tidur adalah dengan terus bergerak. Merapikan sekaligus membersihkan tempat tidur selain membuat kita tidak kembali tidur juga akan membuat mood kita baik sedari pagi.

4. Alasan bangun pagi

Salah satu motivasi untuk bangun pagi hari karena alasan tertentu. Misalnya, kita dituntut untuk bangun pagi karena harus menghadiri rapat atau kuliah maupun sekolah. 

Tidak bisa disangkal, bangun pagi akan terlaksana jika kita mempunyai alasan yang kuat. Jika kita sudah berniat akan bangun pagi, tetapi keesokan harinya ternyata tidak berhasil, bisa dilihat kembali apakah motivasi atau alasan kita sudah cukup kuat.

Bangun pagi memiliki banyak manfaat. Usahakan untuk selalu bangun pagi karena udara di pagi hari akan membuat mood kita baik dan berdampak baik pula pada kegiatan kita dalam menjalani keseharian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak