facebook

5 Alasan Kamu Harus Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Pasangan

Mutami Matul Istiqomah
5 Alasan Kamu Harus Menjaga Komunikasi yang Baik dengan Pasangan
Ilustrasi berkomunikasi lewat ponsel (pixabay.com)

Komunikasi adalah hal terpenting dalam sebuah hubungan, tak terkecuali hubungan dengan pasangan. Komunikasi seolah menjadi kunci agar hubungan tetap berjalan aman, tanpa ada hambatan. Meskipun pasti ada saja masalahnya, tapi dengan komunikasi yang baik masalah tersebut bisa diatasi bahkan diantisipasi. 

Beruntung jika pasanganmu dekat, dan bisa bertemu setiap hari. Sekalipun pesanmu tidak kunjung dibalas, bisa dengan mudah kamu memeriksanya ke rumah atau ke kantornya. Namun, mereka yang menjalani hubungan jarak jauh komunikasi seolah menjadi perantara antara kedua hati agar tetap saling bertumbuh. Jika salah satu pesan tidak kunjung dibalas bahkan sampai berhari-hari, pikiran pasti sudah traveling kemana-mana, kan? 

Nah, berikut ini 5 alasan komunikasi sangat penting dalam hubunganmu dengan pasangan

1. Menghindari kesalahpahaman

Komunikasi yang baik akan menghindari kesalah pahaman. Seperti yang saya tulis di atas, jika salah seorang dari pasangan tidak kunjung membalas pesan berhari-hari, pasti sudah banyak alasan yang diterka. Padahal, bisa juga karena sibuk, paket data internet habis, atau amit-amitnya karena ponselnya hilang dicuri orang.

Komunikasi yang baik menghindarkan kita dari terkaan dan menerka sesuatu yang belum pasti, membuat pasangan lebih tenang meskipun dengan keadaan tidak saling berbalas pesan. Dengan ketenangan tersebut, tidak akan ada kesalahpahaman yang menyambangi hubungan kalian.

2. Bentuk perhatian

Komunikasi yang baik juga melambangkan bentuk perhatian. Meskipun sederhana seperti bertanya perihal makan, menyemangati bekerja, atau sekadar haha hihi melepas kerinduan, perhatian-perhatian kecil ini akan membuat pasangan bertambah sayang, lho. 

Jika kamu tidak menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan, bisa saja pasanganmu akan merasa tidak diperhatikan, tidak dihargai, bahkan tidak dianggap lagi. 

3. Menghindari konflik

Dengan komunikasi yang buruk seringkali menimbulkan kesalahpahaman. Dari kesalahpahaman itu, pasangan akan merasa tidak diperhatikan. Dari perasaan buruk itu, akan timbul konflik atau masalah dalam hubungan kalian.

Adakalanya masalah memang membuat hubunganmu dengan pasangan semakin kuat. Namun, ada kalanya juga masalahmu dengan pasangan menjadi beban dan memperumit urusan yang lain. Misalnya, karena ada masalah dengan pasangan, kamu menjadi tidak fokus bekerja atau tidak fokus berkendara. Nah, kan jadi merambah kemana-mana.

4. Saling mengerti satu sama lain

Melalui komunikasi yang baik, kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk saling mengerti. Misalnya jika kamu ada kesibukan dan memberitahu pasangan, pasangan akan bisa menerima dan mengerti keadaanmu.

5. Menjaga keharmonisan

Menjaga hubungan tetap harmonis harus didasari dengan komunikasi yang baik. Keterbukaan antara kamu dan pasangan akan membuat kalian semakin merasa saling memiliki karena tidak segan berbagi. 

Itulah 5 alasan kamu harus menjaga komunikasi dengan pasangan. Jika kamu menginginkan hubungan yang awet, pastikan sesibuk apapun kamu tetap menjaga komunikasi yang baik dengan pasangan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak