facebook

5 Hal Produktif yang Bisa Menjadi Ladang Uang bagi Mahasiswa, Patut Dicoba!

Budi Prathama
5 Hal Produktif yang Bisa Menjadi Ladang Uang bagi Mahasiswa, Patut Dicoba!
Ilustrasi seorang mahasiswa yang magang. (Pixabay/Sprachschuleaktiv)

Keuangan menjadi salah satu masalah pelik bagi mahasiswa. Pasalnya, mahasiwa dituntut membayar uang kuliah, sewa kosan, dan memenuhi kebutuhan sehari-hari. Bisakah mahasiswa mendapatkan uang berlimpah untuk memenuhi tuntutan tersebut?

Hal demikian bukanlah perkara mudah bagi mahasiswa. Mahasiswa tidak bekerja di perusahaan dengan gaji yang sudah tersedia bulanan. Juga bukan bos yang punya banyak karyawan, walau tidak bekerja akan menerima uang.

Umumya, tugas mahasiswa tentu belajar. Wadah belajarnya pun ada banyak, mulai dari dalam lingkungan kampus, hingga ikut beberapa organisasi atau komunitas. Hal itu tentu sangat berguna untuk menambah kemampuan mahasiwa. Nantinya pasti akan sangat berguna untuk kehidupan bermasyarakat, apalagi di dunia kerja. 

Akan tetapi, masalahnya tidak semua mahasiswa mempunyai nasib yang baik, bergelimang harta dan uang dari orang tua dan dapat dengan tenang belajar tanpa gangguan pikiran keuangan.

Tak sedikit mahasiswa harus berjuang menghasilkan pundi-pundi rupiah, baik untuk kuliah, membayar sewa kos, maupun kuliah sehari-hari. Nah, untuk kamu yang ingin menambah uang, lima hal produktif berikut ini bisa kamu coba.

1. Berjualan online

Di era sekarang, berjualan tentu tak lagi asing. Di tengah situasi pandemi, masyarakat diharapkan lebih banyak berinteraksi lewat media sosial. Tidak terkecuali untuk melakukan transaksi jual beli.

Contohnya saja di WhatsApp, sejak pandemi, story menjadi lebih banyak diwarnai dengan hal-hal seputar jualan online. Produk yang ditawarkan pun beragam, mulai dari kosmetik, pakaian, hingga makanan. Nah itu, menjadi salah satu ladang bisnis bagi mahasiswa.

Selain jualan online melalui status di WhatsApp, tentu masih banyak platform lainnya. Seperti berjualan di marketplace dengan menjadi Reseller yang juga tak kalah saing dengan penjualan online lainnya. Iya, tergangung lagi dengan kreativitas dan inovasi dari mahasiswa untuk mencari serta melakukan penjualan online.

2. Ikut lomba

Ikut lomba berhadiah bisa membuka peluang menambah pundi-pundi uang. Ada banyak jenis lomba yang dapat diikuti oleh mahasiswa, mulai dari bidang penulisan, pidato, editing video, desain grafis, hingga lomba TikTok yang sangat tren di kalangan anak muda.

Ikut lomba memang tidak bisa menjamin akan mendapatkan rupiah. Namun, hal itu sangat produktif untuk dilakukan bagi seorang mahasiswa demi pengalaman dan keilmuan. Namanya juga perlombaan, tentu ada yang menang dan kalah.

Akan tetapi, apabila behasil menang saat ikut lomba, jelas dapat menambah pundi-pundi rupiah. Untuk itu, bagi yang ingin ikut lomba, ada banyak informasi yang beredar di media sosial. Silakan coba ikut, siapa tahu beruntung.

3. Menjadi pengajar privat

Menjadi guru privat juga dapat dibayar. Di era pandemi, tidak sedikit orangtua yang membutuhkan tenaga mahasiswa untuk mengajar. Biasanya sih datang dari keluarga perekonomian yang berada. Mereka membutuhkan mahasiswa untuk memberikan pengajaran sesuai dengan pelajaran di sekolah, seperti  Matematika, IPA, Fisika, Bahasa Inggris dan pelajaran sekolah lainnya.  

4. Menjadi influencer

Menjadi influencer juga banyak dilakukan seorang mahasiswa. Ya, dengan mengandalkan kemampuan berkreativitas tanpa ada tuntutuan yang ketat. Misalnya dengan mengandalkan keahlian desain dan menulis, itu termasuk contoh kecilnya. Tentu berpotensi besar menjadi seorang influencer. Seorang influencer adalah mereka yang dengan sendirinya dapat menentukan kapan dan di mana ia bekerja.

5. Magang

Walaupun biasanya dapat menghambat perkuliahan, tetapi banyak juga kok mahasiswa yang mengikuti magang. Mahasiswa magang juga dapat menambah uang, walaupun tidak banyak sih. Akan tetapi, itu juga dapat menambah perekonimian mahasiswa dan lebih bermanfaat ketimbang hanya rebahan di kamar.

Oleh karena itu, sebagai seorang mahasiswa banyak-banyaklah melakukan perbuatan yang lebih produktif dan bermanfaat. Bisa bonus pundi-pundi uang, siapa coba yang tak tergiur?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak