alexametrics

5 Cara Me Time Sederhana Meskipun di Rumah, Wajib Disimak!

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Me Time Sederhana Meskipun di Rumah, Wajib Disimak!
Ilustrasi minum kopi (pixabay.com)

Istilah me time biasanya digunakan sebagai bentuk kegiatan seseorang dalam mengapresiasi diri sendiri, mencintai diri sendiri, mensyukuri diri sendiri, dan masih banyak hal lainnya. 

Banyak orang merasa tidak sempat me time karena harus mengurus anak, bekerja, dan mengurus banyak hal lainnya. Padahal, me time itu penting untuk kebahagiaanmu, ketenanganmu, dan untuk dirimu sendiri.

Bagi kamu yang memiliki anak kecil, bisa meminta tolong kepada suami sebentar, dan membuat jadwal me time-mu. Kamu juga bisa menggunakan waktu luang ketika si kecil tidur, karena me time tidak harus lama-lama, kok!

Bagi kamu yang bekerja, bisa meluangkan sedikit waktu sebelum tidur atau di akhir pekan. Pada saat-saat itulah, kamu bisa mengambil kesempatan untuk menikmati waktu dengan dirimu sendiri.

Me time bahkan tidak harus berpergian ke suatu tempat atau melulu mahal, kok. Me time bisa dilakukan dengan cara sederhana, bahkan di lakukan di rumahmu sendiri. 

Berikut ini 5 Cara me time sederhana meskipun di rumah!

1. Menikmati secangkir kopi

Me time sederhana yang pertama adalah menikmati secangkir kopi. Kenapa harus secangkir? Karena waktunya tidak banyak. Belum habis secangkirpun anak sudah bangun, atau sudah ada pekerjaan yang harus diurus.

Meskipun cuma secangkir, tapi kita bisa tersenyum dan merenungi banyak hal. Misalnya dalam hati kita berkata,  'Aku kok hebat sekali, ya. Bisa mengurus rumah ini beserta isinya sendirian. Aku kuat, dan aku bahagia'. atau 'Aku kok hebat sekali, ya. Bisa mengurus hidupku sendiri, mencari uang sendiri. Aku harus semangat untuk masa depanku serta membahagiakan kedua orangtua' , sembari menyeruput secangkir kopi penuh makna.

Dengan menikmati waktumu dengan dirimu sendiri, semakin banyak hal yang melintas dipikiran tentang ribuan hal yang sudah berhasil kamu lewati. Dengan mengingat itu, kamu akan merasa lebih bersyukur dan lebih semangat menjalani hidup.

2. Merawat diri

Merawat diri tidak melulu harus ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah. Misalnya, maskeran, luluran, memakai kutek, merendam kaki dengan air hangat, ataupun mandi sepuasnya juga gak masalah. 

Kesibukanmu setiap hari seringkali menjadi pengalih yang membuat kamu lupa akan pentingnya merawat diri sendiri. Melalui me time, diri kamu menjadi lebih terawat dan semakin mencintai dirimu sendiri.

3. Bermalas-malasan

Setiap hari kamu tentu dikejar waktu untuk melakukan ini dan itu. Boro-boro untuk bermalas-malasan, istirahat sebentar saja rasanya jarang. 

Nah saat me time, gak papa kok kalau kamu bermalas-malasan. Misalnya dengan tidur siang, menonton film, atau melakukan hal lain yang membuatmu meneduh dari kesibukan dan duniamu.

4. Membaca buku

Membaca buku juga menjadi salah satu referensi untuk me time sederhana di rumah. Membaca buku kesukaan, seringkali menjadi tidak sempat dilakukan setiap hari, bukan?

Padahal, membaca buku bisa membantu kita menikmati waktu, belajar hal baru, serta memperluas wawasan dari waktu ke waktu.

5. Meditasi

Meditasi membuat kamu merasa tenang, dan dari ketenangan itulah kamu merasa jauh lebih baik. Gak hanya itu, kamu juga jadi bisa lebih siap menjalani segala sesuatu yang ada di depan mata. 

Meditasi membuat diri kamu lebih fokus kepada dirimu sendiri, apa yang kamu pikirkan dan rasakan.

Nah, itu dia beberapa cara sederhana me time di rumah yang wajib dicoba. Sesibuk apa pun kamu dengan duniamu, entah itu dunia rumah tangga ataupun pekerjaan, kamu tetap harus menyempatkan waktu untuk dirimu sendiri, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak