facebook

4 Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga

Mutami Matul Istiqomah
4 Tips Menjaga Kewarasan Ibu Rumah Tangga
Ilustrasi ibu rumah tangga (Pexels) / Andrea Piacquadio

Banyak orang merasa stres dengan menjalani kehidupan sebagai ibu rumah tangga. Tidak bisa dipungkiri bahwa menjadi seorang ibu rumah tangga selalu dihadapkan dengan pekerjaan yang sama, yaitu mengurus rumah, mengurus anak, dan mengurus suami. Semuanya tentu banyak menguras tenaga. 

Di sisi lain, ada anak yang minta di temani main, minta disusui, minta ditemani tidur, dan yang lainnya. Belum lagi, dari siang sampai malam masih berputar urusan rumah dan anak, bahkan saat suami pulang. Serasa gak ada selesainya, ya?

Kalau dipikir-pikir, memang berat dan melelahkan pekerjaaan rumah tangga itu. Oleh karena itu, kalau kamu masih dianugrahi seorang ibu di rumah, sayangi dan bantulah kebutuhannya. Sebab, selain usaha dirimu sendiri, kesuksesanmu saat ini berkat ketulusan dan kesbaran sosok ibumu juga.

Banyak orang yang tidak kuat merasakan lelahnya menjadi ibu rumah tangga, hingga berujung pada stres. Jika punya banyak uang, tidak masalah untuk meminta bantuan ART (Asisten Rumah Tangga).

Namun, kalau kamu lebih memilih berhemat untuk kebutuhan yang lain, ada baiknya kamu menyimak 4 tips ini agar kamu tetap waras meskipun berperan sebagai ibu rumah tangga.

1. Lakukan pekerjaan bertahap

Ingatlah, kamu itu manusia biasa. Meskipun kamu punya dua tangan, tapi jangan berharap semua bisa selesai hanya dengan satu sentuhan. 

Lakukanlah pekerjaan dengan bertahap. Misalnya, di pagi hari kamu memasak, mencuci baju, menjemur, dan mencuci piring. Siang harinya, kamu mengepel dan membereskan rumah. Sore harinya, kamu memasak makan malam, mencuci piring. Sementara malam harinya, kamu bisa mencuci piring dan membereskan rumah.

Tentu saja, semua itu dibarengi dengan mengurus si kecil. Meskipun disambi dengan mengerjakan pekerjaan lain, pastikan si kecil terus berada di dekatmu dan dalam kondisi yang aman ya, bund.

2. Cicil pekerjaan saat si kecil tidur siang

Sewaktu anak tidur siang, godaannya memang banyak, dari ikut tidur, ingin me time dan main gawai, atau yang lainnya. 

Namun, kamu juga bisa menggunakan waktunya untuk mencicil pekerjaan rumah, lho. Misalnya, seperti membereskan rumah dan perkakas bermain si kecil yang seolah tidak ada selesainya.

3. Quality time dengan suami

Suami adalah teman hidup, maka kamu tidak perlu ragu untuk berkeluh kesah atas semua yang kamu rasakan sepanjang hari. Berdiskusilah untuk membahas pertumbuhan anak, bercerita tentang tingkah lucu anak seharian ini, termasuk juga tingkah anak yang membuat kamu lelah sekali. 

Berbagi cerita dengan orang lain termasuk bisa meringankan pikiran kita dan membuat hati menjadi lebih tenang. Tidak perlu pergi ke suatu tempat untuk bisa quality time dengan suami, cukup ketika anak tidur, buatlah dua cangkir kopi, dan mulailah saling berbicara dari hati ke hati. 

Kalau suami kamu sibuk, coba ungkapkan "Mas, aku butuh teman cerita, aku butuh  di dengarkan. Tolong, luangkan waktumu sebentar, ya?" dengan harapan perhatian suami kamu dapat teralihkan..

4. Liburan

Liburan adalah hal terpenting untuk menjaga kewarasan setiap orang, tidak hanya seorang ibu rumah tangga. Liburan rasanya sudah menjadi kebutuhan, ya? Dengan berlibur, pikiran kita menjadi fresh dan seolah siap menjalani apa pun di depan sana. Liburan juga menyenangkan, karena anak-anak seringkali ikut heboh setiap kali diajak liburan. 

Sayangnya, di masa pandemi seperti sekarang ini susah sekali menemukan tempat wisata yang buka. Walaupun buka, pengunjung biasanya dibatasi sekian perhari. 

Nah, itulah 4 hal yang bisa menjaga kewarasan ibu rumah tangga. Oh ya, walaupun kita memilih dan menemukan tempat untuk liburan, jangan lengah untuk menerapkan protokol kesehatan, ya! Jangan lupa terus memakai masker dan mencuci tangan! Semoga kita sehat selalu! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak