alexametrics

Tidak Perlu ke Gym, Lakukan 5 Gerakan Ini untuk Membentuk Otot Tubuh

Diat Anugrah
Tidak Perlu ke Gym, Lakukan 5 Gerakan Ini untuk Membentuk Otot Tubuh
Ilustrasi Olahraga (pixabay.com)

Memiliki otot yang besar dan bagus menjadi idaman bagi banyak orang, khususnya para pria. Dengan memiliki otot yang terbentuk dengan baik, kita akan merasa lebih sehat dan dapat meningkatkan rasa percaya diri. Oleh sebab itulah, banyak orang yang rela melakukan apa saja agar dapat membentuk otot mereka, salah satunya adalah berolahraga rutin. 

Sebagian besar orang menyangka bahwa untuk dapat membentuk otot dengan baik harus berolahraga rutin di gym atau pusat kebugaran. Hal ini tentu menyebabkan beberapa orang menyurutkan niatnya untuk memiliki bentuk tubuh ideal, karena tidak rela mengeluarkan uang untuk datang ke gym. Padahal, kita tidak harus olahraga di gym untuk membentuk otot. Berikut ini 5 olahraga pembentuk otot yang dapat dilakukan di rumah.

1. Push Up

Push up merupakan salah satu gerakan yang populer, bahkan sering digunakan sebagai hukuman bagi orang yang melanggar aturan. Untuk melakukan push up, kita membutuhkan tenaga yang cukup. Bagi yang tidak terbiasa melakukannya mungkin akan merasa kesulitan. 

Gerakan push up yang kerap membuat lelah ternyata dapat melatih dan membentuk otot bagian atas tubuh seperti trisep (otot bagian luar lengan atas), otot dada, dan otot bahu. Otot-otot ini merupakan bagian yang sering menjadi perhatian saat ingin memiliki bentuk tubuh ideal.    

2. Plank

Istilah plank masih jarang terdengar oleh orang awam. Namun, mungkin hampir semua orang pasti pernah melakukannya. Gerakan plank sendiri hampir mirip dengan push up, hanya saja plank menggunakan lengan bawah hingga siku sebagai tumpuan.

Cara melakukan plank adalah dengan telungkup, lalu angkat bahu ke atas dengan siku dan lengan bawah sebagai tumpuan. Pastikan posisi tubuh lurus dan seimbang. Jika tubuh tidak lurus, manfaat yang didapat menjadi tidak maksimal. Jika sudah lurus, tahan tubuh dalam posisi tersebut selama beberapa waktu setidaknya 20-30 detik. Hal ini dapat melatih otot seluruh tubuh terutama melatih kekuatan lengan dan kaki.

3. Sit Up

Sit up juga gerakan olahraga sederhana yang dapat dilakukan di mana saja dan dapat dilakukan tanpa alat. Kita hanya membutuhkan sedikit tempat untuk telentang. Gerakan sit up juga mudah dilakukan oleh siapa saja bahkan anak-anak sekali pun. 

Meski mudah dilakukan, sit up memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Gerakan sit up dapat melatih dan mengencangkan otot perut, dada, panggul, pinggang, hingga leher.

4. Pull Up

Pull Up merupakan gerakan olahraga yang sulit dilakukan bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan tenaga yang dibutuhkan untuk melakukan pull up cukup besar. Selain itu, dibutuhkan tempat atau media pull up yang kuat agar dapat menopang berat badan kita. Jika di rumah, kita dapat menggunakan kusen gawangan pintu yang masih kuat.

Apabila kita rutin melakukan pull up, akan banyak manfaat yang kita dapat. Gerakan pull up dapat melatih otot punggung, lengan, hingga bahu. Selain itu, pull up juga dapat membantu menambah tinggi badan bagi remaja yang masih dalam masa pertumbuhan. 

5. Squat 

Gerakan squat dapat dilakukan dengan mudah di mana saja dan tanpa alat apa pun. Meskipun mudah, manfaat dari gerakan ini tidak main-main. Melakukan gerakan squat secara rutin dapat melatih kekuatan otot tubuh khususnya otot bagian bawah tubuh seperti otot pinggul, paha, dan bokong.

Itulah 5 jenis gerakan olahraga yang dapat dilakukan di rumah. Tetap rutin berolahraga dan jaga kesehatan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak