facebook

4 Putri Disney yang Mendobrak Standar Kecantikan Umum, Antimainstream!

🌸🌸Lily 🌸🌸
4 Putri Disney yang Mendobrak Standar Kecantikan Umum, Antimainstream!
Pocahontas. (Oh My Disney)

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik dan memesona di hadapan banyak orang. Tidak heran kalau berbagai cara akan dilakukan agar mendapat perhatian dan pengakuan bahwa dirinya cantik. Semua sah-sah saja, tetapi erkadang definisi cantik itu sendiri yang perlu sedikit diluruskan. Cantik sebenarnya tidak melulu fisik seperti tinggi, langsing, memiliki rambut lurus dan panjang, serta berkulit putih.

Adanya standar kecantikan semacam ini membuat banyak wanita berbondong-bondong mengubah diri hingga menjadi serupa. Hal ini tidak luput dari adanya penggambaran putri dari karakter dalam kartun Disney yang cenderung menampakkan kesempurnaan fisik tadi, seperti Cinderela atau Sleeping Beauty. Namun, beberapa putri Disney ternyata tidak selalu tunduk pada standar tadi, lho.

Berikut ini beberapa putri Disney yang mendobrak standar kecantikan umum.

1. Pocahontas

disneyinyourday.com
disneyinyourday.com

Pocahontas adalah tokoh fiksi dari film animasi Disney dengan judul yang sama. Tidak berkulit putih, putri Disney yang satu ini justru berasal dari suku Indian yang cenderung berkulit cokelat. Bahkan Pocahontas tidak mengenal gaun panjang khas seorang putri.

Menariknya, Pocahontas tetap terlihat menawan dengan pakaian khas suku Indian. Meski kisahnya sendiri masih bertema cinta, tapi karakter Pocahontas memberi warna unik dan membuatnya lebih menarik. Kesetiaannya pada suku adalah bukti jiwa nasionalis dalam diri Pocahontas. Selain itu, Pocahontas juga memberi contoh bahwa menjalin persahabatan tidak selalu tentang warna kulit.

2. Mulan

disney.fandom.com
disney.fandom.com

Mulan mulai dipopulerkan lewat film Mulan yang diputar pada tahun 1998. Merupakan salah satu sosok legenda Tionghoa bernama Hua Mulan yang bukan seorang wanita dari kalangan puteri. Mulan sendiri digambarkan sebagai seorang wanita yang memiliki karakter kuat dan tegas. Bahkan Mulan diceritakan sangat pemberani, sebab rela menyamar sebagai pria demi ikut berperang.

Keberanian dan karakter kuatnya inilah yang menjadikan Mulan patut dicontoh oleh semua wanita. Bahwa menjadi wanita bukan hanya menjadi cantik secara fisik tapi juga harus menunjukkan kekuatan karakter yang pantang untuk diremehkan.

3. Merida

nytimes.com
nytimes.com

Merida merupakan tokoh dalam film Brave yang diproduksi oleh Disney Pixar. Sebagai putri Disney yang ke sebelas, Merida sekaligus menjadi putri pertama Pixar. Diceritakan dalam film ini, Merida adalah anak pertama penguasa Don Bruch - Raja Fergus dan Ratu Elinor.

Menjadi seorang putri kerajaan tentu sang Ratu menginginkan Merida menjadi sosok yang anggun dan penuh tata krama layaknya putri pada umumnya. Namun, kenyataannya Merida justru lebih menyukai kehidupan liar dan pandai dalam memanah. Pertentangan ini membuat Merida mengalami petualangan tak terduga dengan sang ibu yang mendapat kutukan menjadi beruang.

4. Moana

movies.disney.com
movies.disney.com

Film animasi musikal dari Disney yang satu ini tayang perdana pada tahun 2016 silam. Sebagai tokoh putri Disney, Moana memiliki karakter kuat dan pemberani. Bukan hanya itu, jiwa petualangnya pun tak kalah hebat dibanding laki-laki.

Akan tetapi, sebagai putri dari kepala suku sebuah pulau, keinginan Moana untuk keluar pulau dan bertualang ditentang oleh keluarganya. Namun, mitos dan legenda di pulau-pulau Pasifik Selatan membuat Moana semakin penasaran. Berpegang pada pesan sang nenek tentang takdir petualangannya, Moana pun memantapkan diri keluar pulau untuk mencari jati diri.

Nah, itu tadi beberapa putri Disney yang mampu mendobrak standar kecantikan umum. Ingat, cantik bukanlah tentang fisik semata tapi juga pada karakter dalam diri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak