alexametrics

5 Tempat Nyaman untuk Menulis, Adakah Tempat Favoritmu?

Zahrin Nur Azizah
5 Tempat Nyaman untuk Menulis, Adakah Tempat Favoritmu?
Ilustrasi Menulis (pixabay.com)

Tak dapat dimungkiri bahwa lingkungan dan suasana sekitar dapat mempengaruhi produktivitas dalam menulis. Dengan lingkungan yang sesuai, maka dapat meningkatkan mood dan akan mempengaruhi kualitas dari tulisan.

Jika menulis di tempat yang sesuai, maka cenderung akan lebih produktif dan begitu pula sebaliknya. Apabila berada di tempat yang salah, penulis cenderung akan menghabiskan waktu banyak bahkan sampai berjam-jam.

Jadi, pemilihan tempat yang sesuai sangat penting bagi penulis. Setiap penulis memiliki kriteria tersendiri untuk memilih di mana ia bisa menuliskan idenya. Misalnya saja, ada yang menyukai suasana tempat hening dan sunyi bahkan tempat keramaian.

Kalau kamu lebih suka menulis di tempat yang bagaimana? Yuk, coba 5 rekomendasi tempat untuk menulis berikut ini.

1. Perpustakaan

Jika kamu mencari tempat yang sunyi dan sedikit kebisingan, maka perpustakaan bisa menjadi tempat nyaman untuk menulis. Ditambah lagi kamu bisa mencari banyak referensi buku di sana. 

Perpustakaan memang didesain dengan kondisi yang kondusif. Tidak heran jika kamu sering melihat beberapa orang tengah sibuk menulis atau sekadar membaca buku. Lingkungan yang kondusif juga akan memudahkanmu untuk menulis sehingga bisa meningkatkan produktivitas juga.

2. Kafe

Kafe bisa menjadi salah satu tempat nyaman untuk menulis. Saat ini, kafe bisa ditemukan dengan mudah di mana saja. Setiap kafe memiliki desain yang berbeda sehingga kamu bisa memilih mana yang cocok.

Tentu saja tidak semua kafe bisa sesuai dengan seleramu. Oleh karena itu, pilih kafe yang sesuai dengan mood-mu agar kegiatan menulismu tidak terganggu. Jangan lupa untuk memilih kafe yang sesuai dengan kantongmu juga, ya. 

3. Pantai

Kamu pernah tidak menulis di pinggiran pantai? Menulis sambil bersantai menikmati hembusan angin nikmatnya memang tidak ada duanya. Tempat ini sangat cocok bagi penulis yang suka menikmati pemandangan matahari terbit atau matahari terbenam. Seringkali momen seperti ini bisa mendatangkan ide-ide baru dan merangsang daya imajinasi.

4. Teras Rumah atau Balkon

Duduk bersantai di teras rumah sambil menikmati kopi buatan sendiri bisa menjadi solusi bagus untuk kamu yang sedang tidak ingin berpergian. Ini juga bisa menjadi solusi jika kantong sedang menipis. Teras rumah bisa menjadi tempat menulis santai sambil melihat tanaman pot terjajar rapi diiringi dengan hembusan angin yang sejuk.

Jika kamu memiliki balkon di rumahmu, cobalah untuk ke atas dan menulis di sana. Dengan suasana yang hampir mirip saat di teras rumah, mungkin kamu bisa mendapatkan inspirasi baru yang datang dari sudut pandang berbeda. 

5. Kamar Pribadi

Tidak dapat dimungkiri, kamar pribadi merupakan tempat ternyaman bagi sebagian besar orang. Sebab, kamar adalah tempat privasi sehingga kamu bisa bebas melakukan apa saja di dalamnya.

Untuk menulis di kamar sendiri, maka kamu harus bisa menjaga kebersihan dan kerapian kamar. Ruangan yang rapi akan membuat penghuninya terasa nyaman dan betah. Kalau ruangan nyaman, maka ide pun akan berdatangan.

Itu tadi beberapa rekomendasi tempat yang nyaman untuk menulis. Setiap penulis memiliki tempat favoritnya masing-masing, karena semua itu tergantung kenyamanannya. Jadi, wajar saja jika tempat favoritmu berbeda dengan orang lain.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak