alexametrics

Kerap Tidak Disadari, Ini 4 Tanda Kamu Punya Sifat Sombong!

Latifah ..
Kerap Tidak Disadari, Ini 4 Tanda Kamu Punya Sifat Sombong!
Ilustrasi seseorang dengan sikap sombong (pexels.com) / Ali Pazani

Sombong adalah sikap tinggi hati serta merendahkan orang lain. Tentu saja, sikap seperti itu tidak disukai banyak orang. Bisa saja selama ini kamu ternyata punya sifat sombong tapi tidak sadar. Untuk itu, kenali, yuk, apa saja tanda-tanda kalau kamu termasuk orang yang sombong.

1. Suka membicarakan diri sendiri

Hal pertama yang dapat mencirikan kalau kamu termasuk orang yang sombong, yakni setiap kali berbicara sesuatu, selalu membelokkan topik pembicaraan mengenai dirimu sendiri. Apalagi tujuannya kalau bukan untuk sesumbar.

Sebagai contoh, temanmu sedang membicarakan pengalamannya jalan-jalan akhir pekan kemarin. Namun, kamu tidak mau kalah dan berakhir membicarakan pengalamanmu yang juga pernah ke tempat sama dengan berbagai fasilitas lebih wah. Duh, itu menyebalkan, lho!

2. Sering memamerkan pergaulanmu

Ketika kamu sedang kumpul bersama teman, kamu sering membicarakan lingkaran pergaulanmu yang berisi orang-orang penting atau populer. Padahal, temanmu itu sama sekali tidak bertanya atau ambil pusing.

Hal itu sebenarnya bisa jadi tanda kalau kamu ingin dibilang orang penting juga, karena sudah bergaul dengan kalangan atas. Sikap demikian bukan hal yang patut dibanggakan, lho, karena tak ubahnya numpang tenar semata.

3. Merendah untuk meninggi

Perangai ini sering sekali terjadi, terutama setelah hadirnya media sosial. Banyak yang memanfaatkan media sosial untuk pamer, tapi disamarkan dengan hal yang sekilas tampak rendah hati.

Sebagai contoh, kamu mengunggah foto liburan di hotel bersama keluarga. Caption-mu memang bernada merendah, yakni, “Daripada libur ke luar kota mahal, mending liburan yang dekat-dekat aja, deh.”

Sepintas tampak rendah hati, tapi yang kamu pamerkan adalah hotel mewah, di mana harganya sudah terkenal mahal. Perilaku seperti ini sudah sangat sering terjadi, lho, dan bisa saja kamu melakukannya tanpa sadar disebabkan ingin pamer.

4. Meremehkan pencapaian orang lain

Kamu paling tidak suka melihat orang lain senang. Tiap kali ada yang menceritakan hal baik yang terjadi padanya, kamu meremehkan. Tujuannya, supaya kamu merasa selalu lebih dari siapa pun.

Gimana, apakah tanda-tanda itu ada padamu? Ternyata ciri tadi bisa jadi indikasi sifat sombong, lho. Sebaiknya mulai dihindari, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak