alexametrics

5 Mindset yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru, Catat Baik-baik!

farras tania
5 Mindset yang Wajib Dimiliki Mahasiswa Baru, Catat Baik-baik!
Ilustrasi mahasiswa baru. (Unsplash.com/Tim Gouw)

Ternyata mindset atau pola pikir sangat berpengaruh dalam langkah yang akan kita ambil. Kalau kamu punya mindset yang bagus, maka hal itu akan menguntungkan. Sebaliknya, kalau mindset kamu buruk, maka hal itu bisa merugikan diri sendiri, bahkan orang-orang di sekitarmu.

Memasuki dunia perkuliahan berarti tiba di jenjang kehidupan yang baru. Jadi tidak perlu khawatir jika kamu belum merasa baik. Sebab, menjadi mahasiswa baru artinya menjalani kehidupan yang baru. Yuk simak mindset yang wajib dimiliki mahasiswa baru.

Pengertian Mindset

Mindset atau bisa juga disebut pola pikir adalah sebuah kumpulan pemikiran yang dimiliki oleh seseorang. Mindset sendiri terbentuk berdasarkan pengalaman ataupun bentuk hasil dari lingkungan yang kita tinggali. Beberapa orang juga menyatakan mindset sebagai keyakinan, berpengaruh pada keputusan-keputusan yang akan diambil oleh seseorang.

Pentingnya Mindset

Mindset sangat berperan penting terhadap masa depan kita. Sebab, mindset sangat berpengaruh pada setiap keputusan atau langkah yang kita ambil nantinya. Mindset juga dapat sedikit menjelaskan tentang bagaimana masa depan kita nantinya. Sebab, jika kita memiliki mindset yang buruk, maka hal tersebut cenderung menghambat diri dalam mendapatkan potensi diri. Dengan memiliki mindset yang baik dan tepat, maka hal tersebut dapat membawa kamu pada keputusan-keputusan terbaik.

Mindset yang Wajib dimiliki Mahasiswa Baru

Setiap orang pasti memiliki mindset atau pola pikir yang berbeda-beda. Namun, setiap kali memasuki jenjang kehidupan yang baru, kita wajib sadar bahwa ada hal yang harus berubah. Salah satunya adalah mindset atau cara pandang kita terhadap sesuatu. Saat memasuki dunia perkuliahan, penting bagi kita untuk membentuk mindset yang baik agar bisa memaksimalkan potensi diri. Nah berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kerja Keras > Kerja Cerdas

Terkadang kita lupa bahwa kerja keras tak selalu cukup untuk membuat diri menjadi lebih baik. Bahkan, terkadang kerja keras cenderung mengantarkan kita pada kesehatan yang kurang baik karena terlalu memforsir diri. Penting bagi kita untuk punya mindset kerja cerdas. Karena dengan kerja cerdas, kita pun akan lebih terlatih untuk lebih terorganisir dan mencari strategi terbaik untuk mencapai target.

Penting bagi seorang mahasiswa untuk memahami bedanya kerja cerdas dan kerja keras. Karena dengan memahami konsep tersebut, dan menanamkan mindset yang tepat, maka hal akan berpengaruh baik untuk masa depan. 

2. Semua ada sisi baiknya

Ketika mengalami hal buruk, seperti nilai yang kurang baik, seringkali kita bereaksi berlebihan dengan memaki diri karena tidak dapat mendapatkan nilai memuaskan. Namun, dengan memiliki mindset bahwa semua hal ada sisi baiknya, kamu bisa mengubah keburukan menjadi pengingat. Bisa menjadi reminder, ternyata kamu masih perlu belajar lebih banyak. Bayangkan jika kita tidak dapat melihat sisi baik tersebut. Kita mungkin akan terpuruk dalam lingkaran setan. 

3. Introspeksi diri

Memiliki mindset untuk selalu introspeksi diri sangat tepat untuk mahasiswa baru. Hal ini agar membuat diri sendiri semakin terbiasa berpikir bahwa kita selalu punya potensi, meskipun belum mendapatkan kemauan. Dengan melakukan introspeksi, kita membantu diri untuk berkembang.

4. Menghargai diri sendiri

Untuk sebagian orang yang mempunyai ambisi besar saat masa sekolah, seringkali mereka terlalu keras pada diri sendiri. Mereka juga lupa mengapresiasi diri. Terutama jika mereka yang berambisi karena tertekan akan suatu hal. Padahal dengan mengapresiasi diri, hal itu cukup membuat kita tenang dan tidak selalu dibuat tegang dengan target-target yang belum tercapai.

Memiliki mindset bahwa kita perlu lebih menghargai diri juga membuat kita bersyukur. Apresiasi diri sendiri untuk setiap pekerjaan yang kamu lakukan, bukan memuji. Namun, jangan mudah berpuas diri dan tetap dukung dirimu untuk apapun yang dilakukan. Dengan mindset ini, kalian sebagai mahasiswa baru dapat menghindari fase down.

5. Jangan banyak berpikir

Kita sering mendapati banyak orangmenyesal karena tidak melakukan apa yang mereka inginkan. Dari hal tersebut, kita bisa belajar bahwa penting bagi untuk tidak terlalu banyak berpikir dan lakukan saja. Pasalnya, dengan memiliki mindset tersebut, kita bisa dibebaskan dari perasaan bersalah dan menyesal. Sebagai mahasiswa baru, penting bagi kita untuk menimbang sebelum melakukan sesuatu. Namun, yang perlu diingat bahwa jangan terlalu banyak berfikir jika itu menahan laju perkembangan dirimu.

Nah itu dia beberapa mindset yang wajib dimiliki mahasiswa baru. Kalian sudah punya mindset di atas belum?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak