alexametrics

5 Waktu Terbaik untuk Belajar, Cari Tahu dan Temukan Versimu!

Rizky Melinda Sari
5 Waktu Terbaik untuk Belajar, Cari Tahu dan Temukan Versimu!
Ilustrasi Waktu Terbaik untuk Belajar. (pexels.com)

Malas belajar dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya pemilihan waktu belajar yang salah. Otak manusia memiliki tingkat kefokusan yang berbeda-beda, tergantung waktu dan kegiatan masing-masing. 

Penting bagi kita, khususnya pelajar, untuk mengetahui waktu terbaik bagi otak, agar dapat fokus belajar dengan maksimal. Dengan demikian, kita bisa memanfaatkan waktu yang ada.

Berikut adalah 5 waktu terbaik untuk belajar. Simak baik-baik ya!

1. Pagi hari

Jam 09.00 hingga 10.59 merupakan waktu yang tepat untuk melakukan aktivitas produktif. Pagi hari sekitar rentang jam tersebut, otak masih dalam keadaan fresh dan belum terdistraksi dengan berbagai hal lainnya. Oleh sebab itu, di jam-jam tersebut sangat tepat untuk diisi dengan kegiatan santai, tetapi memerlukan fokus yang tinggi.

2. Pagi menjelang siang

Jam 11.00 hingga 13.59 merupakan rentang waktu yang tepat untuk mengerjakan tugas-tugas lumayan berat. Sebab, pada waktu ini, hormon atau keinginan untuk tidur menurun tajam jika dibandingkan pada pagi hari. Namun ingat, jika malamnya tidur larut, rentang jam ini merupakan saat-saat yang rawan untuk mengantuk. Jadi, usahakan untuk tidur tidak terlalu larut.

3. Sore hari

Jam 15.00-17.59 bisa dibilang merupakan rentang waktu ketika otak benar-benar berada dalam kondisi lelah, setelah menjalani berbagai aktivitas dari pagi hingga siang. Sore hari tetap dapat digunakan untuk belajar, tetapi dengan metode yang sedikit berbeda.

Usahakan untuk membuat suasana belajar yang santai dan tidak terlalu tegang. Seperti misalnya berdiskusi santai dengan teman atau kerja kelompok sambil diselingi candaan, agar otak tidak terlalu stres.

4. Sore menjelang malam

Baru memiliki waktu luang sekitar jam 18.00 hingga 19.59 karena seharian ada kegiatan lain dan tidak sempat membuka buku untuk belajar? Tenang, rentang jam ini juga bisa diisi dengan belajar.

Namun, penting juga untuk mengisitirahatkan tubuh dan pikiran sebentar agar kembali rileks. Rentang waktu ini bisa digunakan untuk mengerjakan tugas pribadi. Sebab, pada jam ini, otak masuk dalam tahap pemeliharaan, sehingga cocok untuk mengerjakan tugas.

5. Malam hari

Sebagian pelajar mungkin lebih senang belajar pada malam hari. Suasana yang sunyi, damai, dan tidak banyak gangguan atau distraksi, memang merupakan saat-saat yang tepat untuk memahami materi pelajaran.

Malam hari dapat digunakan untuk re-call atau mengingat ulang pelajaran yang telah dipelajari. Selain itu, bisa juga melihat garis besar materi yang akan dipelajari besok hari. Namun ingat, tetap usahakan untuk tidur tidak terlalu larut agar besoknya dapat menerima pelajaran dengan maksimal.

Setiap orang memiliki waktu terbaik bagi otak dalam menerima dan memahami materi pelajaran. Temukan waktu terbaik untuk belajar versi kamu sendiri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak