alexametrics

5 Hal yang Wajib Didiskusikan Bersama Pasangan Sebelum Menikah

Mutami Matul Istiqomah
5 Hal yang Wajib Didiskusikan Bersama Pasangan Sebelum Menikah
ilustrasi berdiskusi (Pexels/Jopwell)

Hari-hari menjelang pernikahan adalah momen mendebarkan. Tidak jarang, masalah-masalah kecil akan muncul menghiasi perjalanan sepasang kekasih menuju pelaminan. 

Sebenarnya, kita bisa memanfaatkan waktu sebelum itu untuk mendiskusikan banyak hal, lho. Dengan berdiskusi, beberapa masalah bisa diminimalisir. Nah, di bawah ini beberapa hal yang wajib kamu diskusikan dengan pasangan sebelum menikah agar terhindar dari masalah.

1. Bagaimana resepsi akan digelar

Resepsi pernikahan juga seringkali memicu perbedaan pandang. Nyatanya, ini bukan saja perkara kamu dan pasangan. Namun, juga keluargamu dan keluarga pasangan. 

Diskusikan dengan baik bagaimana resepsi akan digelar. Baik itu akan secara mewah ataupun sederhana, formal ataupun adat, bahkan akan berlangsung berapa lamapun harus kamu diskusikan dengan pasangan agar kedua keluarga merasa nyaman.

2. Dimana akan tinggal sesudah menikah

Di mana kamu dan pasangan tinggal selepas menikah, juga harus didiskusikan sejak awal. Misalnya, akan tinggal bersama orangtua si perempuan atau tinggal bersama orangtua si laki-laki. Bahkan, jika ingin membeli rumah sendiripun harus didiskusikan dengan pasangan dan kedua keluarga. Agar tidak ada selisih paham di antara keduanya.

3. Menunda momongan atau tidak

Jangan pernah ragu ataupum malu harus mendiskusikan perihal momongan dengan pasangan sebelum menikah. Karena bagaimanapun, itu akan sangat berpengaruh kepada hubungan kalian.

Kalau memang salah satu dari kalian menginginkan menundanya dengan alasan tertentu, pastikan saling menyetujuinya agar bisa diantisipasi. Jangan sampai ketika sudah terjadi alias sudah positif, baru menyampaikan kalau sebenarnya belum ingin memiliki momongan.

4. Istri boleh bekerja atau full mengurus rumah

Perihal istri bekerja ataupun tidak juga harus menjadi keputusan bersama. Kalau istri tetap ingin bekerja, pastikan suami untuk mengizinkan. Namun, jika suami tidak mengizinkan istri untuk bekerja, pastikan secara finansial sudah cukup untuk kebutuhan. Jangan sampai istri dilarang bekerja, tapi keuangan juga berantakan.

5. Keterbukaan urusan finansial

Keterbukaan urusan finansial juga sangat peting untuk dibicarakan. Jangan pernah malu ataupun sungkan untuk memberi tahu jumlah penghasilan sebelum menikah. Apalagi membohongi pasangan dengan penghasilan yang melimpah. 

Diskusikan juga perihal memberi uang kepada orangtua. Misalkan penghasilanmu sekian, biasanya untuk orangtua sekian. Agar pasangan bisa memahami kondisi keunganmu.

Sampai kapanpun, urusan uang selalu riskan. Pastikan kamu dan pasangan selalu terbuka dan jelas arah mengeluarkan uang kemana agar tidak menjadi selisih paham dan permasalahan. 

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu diskusikan bersama pasangan sebelum menikah. Semangat, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak