facebook

Perfect Pitch: Bakat Istimewa Paham Nada dalam Sekali Dengar

Lintang Larissya
Perfect Pitch: Bakat Istimewa Paham Nada dalam Sekali Dengar
Ilustrasi Perfect Pitch Anak. (pexels).

Perfect Pitch atau Absolute Pitch adalah sebuah kemampuan langka seseorang untuk mengidentifikasi kunci dan nada sebuah lagu hanya dalam sekali dengar tanpa catatan maupun referensi apapun. Kemampuan ini hanya dimiliki 1 dari 10.000 orang Amerika Serikat.

Kemampuan orang yang memiliki perfect pitch selain unggul dalam mempelajari nada lagu, mereka juga dinilai mampu dengan mudah mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Mandarin. Sebab, bahasa Mandarin memiliki banyak nada pengucapan.

Keistimewaan ini digadang-gadang merupakan bakat yang ada sejak lahir, dapat dengan mudah diidentifikasi oleh seseorang. Apabila kamu menemukan teman dengan ciri berikut, siapa tahu temanmu merupakan golongan anak istimewa!

  • Mampu menebak kunci musik tanpa melihat catatan atau referensi apapun.
  • Mampu dengan mudah menyanyikan nada apa saja sesuai permintaan tanpa perlu latihan panjang terlebih dahulu.
  • Mampu mengidentifikasi nada yang dikeluarkan dari instrumen apapun.

Mengutip Top Career, Suatu studi menunjukkan bahwa anak-anak dengan autisme atau sindrom Williams memiliki tingkat kesempatan memiliki perfect pitch. Orang yang lahir dengan hipoplasia saraf optik yang menyebabkan kebutaan juga memiliki kesempatan tinggi untuk memiliki perfect pitch. Kebiasaan sering mengidentifikasi nada tertentu dengan perasaan, warna, emosi, tekstur, dan lain-lain juga memiliki tingkat perfect pitch tinggi.

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa perfect pitch ini merupakan anugerah alami sejak lahir dan tidak semua orang mampu memilikinya, tapi ada yang menyangkal dengan mengatakan bahwa hal tersebut dapat dipelajari dan dilatih sejak usia dini maupun dewasa. Mereka beranggapkan asalkan ada kemauan dan tekad yang kuat, maka perfect pitch akan mudah didapatkan.

Tak melulu terlihat sempurna, seseorang yang memiliki perfect pitch juga memiliki kekurangan, yaitu ia akan jarang memainkan musik bersama dengan orang lain. Hal ini dikarenakan pendengaran mereka yang sensitif terhadap harmonisasi nada. Apabila ia menemukan nada yang tidak sesuai, akan sangat terganggu.

Musisi dunia yang terkenal memiliki perfect pitch adalah Mozart. Ia terkenal dengan kemampuan bermusik yang jenius. Ia memiliki karya lebih dari 600 yang sampai saat ini masih melegenda.

Sementara itu pada jaman sekarang musisi Charlie Puth mengaku memiliki perfect pitch. Pada Desember 2019 lalu, pelantun Cheating on You ini memainkannya di acara yang dibawakan oleh Jimmy Fallon, The Tonight Show.

Hal ini diakui oleh Charlie dan membeberkan fakta bahwa hal ini terjadi lantaran sang ibu telah mengajarinya bermain piano sejak kecil. Kemudian ia mulai mempelajari jazz dan merekam lagu buatannya sendiri sejak belia.

Di Indonesia, ada pula seorang musisi yang mampu menebak nada hanya dalam sekali dengar yaitu anggota dari grup Weird Genius sekaligus produser, Gerald Liu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak