alexametrics

5 Cara Menyikapi Cinta Tanpa Restu, Apakah Harus Langsung Putus?

Mutami Matul Istiqomah
5 Cara Menyikapi Cinta Tanpa Restu, Apakah Harus Langsung Putus?
ilustrasi pasangan saling menguatkan saat cinta tanpa restu (Pexels/SHVETS production).

Rasanya senang sekali ketika menemukan pasangan yang serius dalam membawa hubungan asmara menuju pernikahan. Namun, sebelum menikah, ada masanya pasangan harus meminta restu kepada orangtua. Tidak mustahil, orangtua bisa saja tidak memberi restu. Entah itu karena bibit, bebet, dan bobotnya maupun hanya karena perasaan semata.

Saat mengetahui itu, rasanya pusing tujuh keliling, bukan? Mengingat betapa besar kamu dan dia saling cinta. Namun juga memahami keputusan orangtua bukanlah untuk dibantah. Lantas, harus bagaimana kita menyikapi cinta tanpa restu?

1. Menenangkan diri

Apapun yang terjadi, kamu harus berusaha menenangkan dirimu sendiri. Sebab, dengan ketenangan itulah kamu bisa mengambil langkah selanjutnya memakai kepala dingin. 

Direstui ataupun tidak, itu adalah konsekuensi. Semuanya belum berakhir, kok. Masih ada hari esok untuk kamu dan pasangan terus berjuang mendapatkan restu orangtua.

2. Menanyakan alasan

Kalau sudah merasa tenang, kamu bisa menanyakan alasan kepada orangtua kenapa mereka tidak merestui hubunganmu dengan pasangan. Sebab,orangtua tidak akan mengambil keputusan tanpa didasari sebuah alasan. Dengan mengetahui alasan tersebut, kamu bisa mulai memikirkan solusinya. 

3. Jangan menutup mata

Jika alasan orangtuamu tidak memberi restu karena sikap pasangan, kamu tidak boleh menutup mata. Meskipun kamu tentu ingin terus membela pasangan, tetapi terkadang yang dipandang orangtua ada benarnya juga, lho. Cobalah untuk tidak memihak siapapun.

4. Libatkan si dia dalam acara keluarga

Melibatkan si dia dalam acara keluarga dan mengenalkannya dengan keluarga besar juga bisa mengubah pandangan orangtua. Dengan begitu, orangtua akan memahami bahwa pasangan adalah orang yang tidak mudah menyerah dalam memperjuangkan cintanya kepadamu. 

Jika keluarga memandang pasangan sebagai seseorang yang pantas, bisa jadi mereka juga membantu untuk mengomunikasikan dan meyakinkan orangtua kamu.

5. Buat dia memahami kemauan keluarga

Setiap kita menginginkan sesuatu, selalu membutuhkan proses. Tidak terkecuali juga menginginkan restu orangtua. Kamu harus menjelaskan kepada pasangan, jika semua ini juga membutuhkan proses.

Alangkah lebih baik, jika ada beberapa saran dari orangtua, kamu harus menyampaikan dengan gamblang pada pasangan, agar tidak ada salah paham. Kamu juga perlu mendampinginya agar pasangan mau memperbaiki dirinya menjadi pribadi yang lebih baik , ehingga dinilai pantas untuk mendapatkan restu.

Itu dia 5 cara menyikapi cinta tanpa restu. Banyak pasangan di luar sana yang awalnya tidak mendapatkan restu orangtua, tapi lambat laun mendapatkannya. Asalkan sabar dan mau membuka mata, lalu memperbaikinya. Orangtua selalu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Jika orangtua melarangmu dalam beberapa hal, bukan berarti dia mengekang. Namun, hanya menginginkan yang terbaik untuk kamu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak