facebook

5 Kelebihan Pribadi Introvert yang Kerap Dikenal Tertutup

Latifah ..
5 Kelebihan Pribadi Introvert yang Kerap Dikenal Tertutup
Ilustrasi seseotang dengan kepribadian introvert (pexels.com) / Andrea Piacquadio

Orang dengan kepribadian introvert umumnya tertutup, dibanding kepribadian ekstrovert. Ini pula yang sering kali membuat orang salah kaprah menganggap kalau kepribadian intovert itu judes, tidak ramah, dan berbagai label negatif lainnya.

Padahal, orang introvert asyik-asyik aja, kok, kalau diajak bergaul. Hanya saja, mereka memang enggak bisa seluwes orang ekstrovert. Sebab bagi mereka, bergaul dengan banyak orang akan menghabiskan energi mereka. Berbeda dengan ekstrovert, yang justru jadi bersemangat atau bergairah ketika diajak ke acara yang melibatkan keramaian.

Kendati sering dipandang negatif dan tertutup, ternyata pribadi introvert punya banyak kelebihan, lho. Ingin tahu? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Seorang pendengar yang baik

Meski dikenal tertutup, nnyatanya kelebihan dari seorang intovert adalah mampu jadi pendengar yang baik. Itulah kenapa, orang yang introvert sering kali jadi tempat curhat bagi teman-temannya.

Selain bisa mendengarkan dengan perhatian, sehingga membuat lawan bicara jadi nyaman. Seorang introvert juga dikenal pemikir, sehingga dapat memberikan saran yang baik.

2. Hati-hati dalam berbicara

Kualitas lain dari seorang introvert, yakni mereka sangat hati-hati dalam bicara. Dipikirkan dulu dengan matang, baru disampaikan. Itu pula yang kerap membuat orang introvert dikenal pendiam, tapi ketika bicara didengarkan semua orang. Pendapatnya berisi!

3. Memperhatikan hal detail

Kelebihan pribadi introvert lainnya yaitu mereka seorang pemerhati jempolan. Itu pula yang membuat mereka lebih mampu memahami perasaan orang-orang sekitarnya dengan lebih baik. Sebab sebelumnya, mereka telah memperhatikan berbagai bahasa tubuh yang kerap luput dari perhatian orang-orang.

4. Dalam berteman, lebih mementingkan kualitas

Banyak yang menganggap kalau orang introvert itu kurang gaul. Sebenarnya, bukan mereka anti sosial. Hanya saja, dibanding kuantitas, mereka lebih mementingkan kualitas pertemanan. Inilah yang menjadi kelebihan pribadi introvert yang jarang orang-orang sadari.

Orang introvert enggak begitu suka dengan pertemanan yang terlalu luas. Mereka lebih suka dengan lingkaran pertemanan yang kecil, tapi sudah terbukti kalau teman-temannya itu memang punya kepribadian baik. Untuk mereka, orang introvert ini sangatlah setia.

5. Sangat mandiri

Kelebihan terakhir dari pribadi introvert adalah terbiasa sendiri, yakni dikenal sebagai orang yang mandiri. Mereka enggak suka terlalu bergantung pada orang lain. Ini kualitas yang patut diacungi jempol, lho!

Nah, itu dia 5 kelebihan pribadi introvert yang kerap dianggap tertutup. Apakah kamu termasuk?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak