alexametrics

Tak Selalu Berdampak Negatif, Ketahui 5 Manfaat Rebahan Ini!

Filsa Brilliant
Tak Selalu Berdampak Negatif, Ketahui 5 Manfaat Rebahan Ini!
Ilustrasi seseorang merasakan manfaat rebahan (Unsplash)

Rebahan mungkin bagi sebagian orang adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk sekadar melepas penat. Namun, tak jarang juga rebahan dijadikan sebagai kegiatan untuk bermalas-malasan atau tidak melakukan kegiatan yang bersifat produktif. Namun, siapa yang menyangka jika rebahan memiliki efek positif bagi kehidupan. Rebahan tidak melulu memiliki sisi negatif, tetapi juga memiliki dampak positifnya, asalkan tetap dilakukan sesuai porsinya. Kira-kira apa saja manfaat rebahan untuk kehidupan?    

1. Badan Jadi Lebih Berenergi

Tubuh kita ibaratnya seperti smartphone, yang lama kelamaan jika digunakan terus menerus akan low bat. Oleh sebab itu, rebahan perlu dijadikan sebagai solusi atau recharge supaya tubuh bisa lebih berenergi untuk melakukan aktivitas setelahnya.

Tubuh jika dipaksakan terus menerus untuk melakukan aktivitas, efek jangka panjangnya juga tidak baik bagi kesehatan. Alangkah baiknya, gunakan waktu rebahan sebagai waktu untuk recharge tubuhmu agar mendapatkan waktu yang efektif untuk lebih siap dalam menghadapi kesibukan aktivitas.

2. Membantu Memunculkan Ide-Ide Kreatif

Ketika kamu sedang berpikir keras menciptakan ide untuk sebuah skenario tugas atau pekerjaanmu, pasti ada saja hambatan penyelesaiannya, misal saja seperti nge-stuck saat tugasmu hampir selesai.

Oleh karena itu, rebahan bisa menjadi solusi yang tepat untuk merefresh otakmu agar bisa memunculkan ide-ide yang kreatif. Dengan memanfaatkan rebahan, tubuhmu akan lebih rileks dan dapat menghindarkan stres, serta dapat mendatangkan ide-ide kreatif. Dengan demikian, kamu dapat dengan mudah menulis atau merancang ide-ide tersebut untuk segera direalisasikan.

3. Lebih Mudah Mengenali Diri Sendiri

Manfaat rebahan yang ketiga adalah kamu akan lebih mengenali dirimu sendiri. Terkadang kita pasti pernah merasakan perasaan resah, gelisah, atau bahkan kehilangan arah untuk mencapai tujuan. Hal itu tandanya kamu perlu mengenali dirimu lebih dalam lagi dan cara sederhana untuk mengenali diri sendiri adalah dengan rebahan, mengapa bisa begitu?

Ketika memiliki lebih banyak waktu dengan rebahan, maka dari situlah kamu akan menemukan kekurangan dan  kelebihan dirimu sendiri. Misalnya saja, kamu akan jadi lebih tahu apa yang menjadi ketertarikanmu, minat apa saja yang bisa dikembangkan, hal menarik yang dibutuhkan, dan lain sebagainya. Setelah memahami hal tersebut, maka secara perlahan kamu akan menemukan jati diri dan dapat menjadi pribadi yang lebih baik untuk ke depannya. 

4. Dapat Menghemat Uang

Rebahan ternyata juga dapat menghemat pengeluaran keuanganmu. Hal ini dinilai sangat efektif. Sebab, kamu tidak perlu keluar rumah untuk belanja kebutuhan sehari-harimu. Dengan rebahan, kamu dapat memanfaatkan teknologi yang ada seperti berbelanja melalui online shop di handphone. Jadi, tidak perlu mengeluarkan banyak ongkos untuk berbelanja. Kamu hanya perlu scrolling di situs atau aplikasi online shop untuk belanja.

5. Dapat Mencegah Stres

Poin terakhir ini adalah manfaat rebahan yang paling penting. Sebab, sifatnya dapat mengelola pola pikir yang sehat dan membantu menghindarkan dari stres. Stres tentu tidak baik untuk kesehatan kita, maka dari itu perlu adanya pengelolaan pola pikir yang baik. Kamu bisa melakukan rebahan, ditambah dengan mendengarkan musik favoritmu agar lebih rileks. 

Itulah 5 manfaat rebahan. Meskipun tidak selalu memiliki efek negatif, tetapi rebahan juga ada takarannya agar tidak mengganggu produktivitas bekerja. Jadikan rebahan hanya sebagai obat penenangmu saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak