alexametrics

5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Mertua Berkunjung ke Rumah

Mutami Matul Istiqomah
5 Hal yang Harus Dipersiapkan Jika Mertua Berkunjung ke Rumah
Ilustrasi menyambut mertua datang ke rumah (Pexels/NicoleMichalou)

Kedatangan mertua seringkali menjadi momen mendebarkan bagi sebagian orang. Biar bagaimanapun setelah menikah, kita memiliki dua orangtua yang sama-sama harus dihormati. Namun, mertua bukanlah orang yang mengenal kepribadian kita secara utuh. Bagaimanapun, mertua baru mengenal kita setelah kita menikah dengan anaknya. Oleh karena itu, terkadang bagi sebagian orang, kedatangan mertua cukup menjadi momen yang mendebarkan meskipun tetap membahagiakan.

Mendebarkan, karena biasanya kita sedikit khawatir apabila sikap kita kurang berkenan atau kebiasaan kita ada yang membuat mertua merasa tidak nyaman. Menyenangkan, karena biasanya setiap ada mertua, suasana di rumah menjadi hangat dan penuh tawa. Bahkan tidak jarang pula diajak jalan-jalan ataupun dibelikan beberapa keperluan. Kalau kita sudah memiliki anak, biasanya anaklah yang mencairkan suasana dengan tingkah lucunya. 

Sebelum mertua datang ke rumah, alangkah baiknya jika kita mempersiapkan 5 hal di bawah ini agar menjadi kesan yang baik antara kamu dan mertua.

1. Pastikan rumah bersih

Siapa pun yang datang ke rumah, pasti lebih senang jika rumah yang didatangi dalam keadaan bersih. Jadi, pastikan untuk menyapu dan mengepel seluruh bagian rumah, mengelap sana-sini, bersihkan kamar mandi, dan pastikan beberapa menit sebelum mertua sampai barang-barang sudah berada di tempatnya masing-masing. Karena kalau kita masih memiliki anak kecil, susah sekali membuat barang-barang tetap di tempatnya. Jadi sebisa mungkin, manfaatkan menit-menit terakhir. 

2. Pastikan kamu memiliki stok kebutuhan pokok

Meskipun tidak mengatakannya secara langsung, tapi mertua ataupun orangtua selalu memperhatikan kebutuhan anaknya tercukupi ataupun tidak. Jadi, sebisa mungkin sebelum mertua datang ke rumah, pastika stok beras, minyak, sabun, dan yang lainnya masih dalam kondisi siap. 

Bagaimanapun, sebisa mungkin jangan tunjukan kesusahanmu di depan mertua, karena bisa menyebabkan mereka kepikiran banyak hal dan mengkhawatirkan kondisimu saat berjauhan.

3. Siapkan makanan dan camilan yang cukup

Hal lain yang harus dipersiapkan jika mertua akan berkunjung ke rumah, adalah menyiapkan makanan dan camilan. Jika biasanya kamu hanya bersama dengan suami dan anak, maka kamu harus menambah porsi makananmu menjadi lebih banyak. 

Kalau sedang ada uang, boleh saja untuk membuat menu masakan yang spesial atau kesukaan mertua. Namun jika kamu sedang dalam kondisi keuangan yang minim, tidak mengapa menyediakan semampunya, yang penting cukup. Camilan juga sangat diperlukan, karena biasanya camilan akan menemani waktu ngobrol maupun bersantai di rumah.

4. Siapkan kebutuhan selama menginap

Jika biasanya mertua kamu selalu menginap ketika berkunjung ke rumah, pastikan kamu menyiapkan kebutuhan menginapnya. Misalnya dengan menyiapkan dan membersihkan kamar tamu, menjemur kasur, menyiapkan handuk bersih, alat mandi, dan yang lainnya. 

Jangan sampai membuat mertuamu tidak nyaman dengan menyuguhkan kamar seadanya. Biar bagaimanapun, jika kamar tamu dan kebutuhan menginap tersedia, mertua akan lebih merasa senang dan nyaman.

5. Mempersiapkan diri

Selain 4 hal di atas, kamu juga perlu menyiapkan diri jika mertua berkunjung ke rumah. Kamu harus siap untuk bersikap ramah dan sopan dalam menyambut mertua saat datang ke rumah.

Meskipun kamu lelah karena hari sebelumnya sudah membersihkan seluruh isi rumah sendirian, tapi kamu tidak boleh bermuka masam, apalagi ikut anak tidur seharian. Sebisa mungkin temanilah mertuamu, ajak ngobrol dan sharing banyak hal sehingga hubunganmu dengannya juga lebih akrab dan dekat. 

Nah, itu dia 5 hal yang harus kamu persiapkan jika mertua akan berkunjung ke rumah. Semoga membantu, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak