facebook

3 Kebiasaan Sepele yang Mudah Memicu Jerawat, Jangan Anggap Remeh!

Lintang Larissya
3 Kebiasaan Sepele yang Mudah Memicu Jerawat, Jangan Anggap Remeh!
Ilustrasi seseorang yang berjerawat [pexels]

Jerawat memang kerap bikin sebal karena dapat menurunkan kepercayaan diri bagi seseorang yang memilikinya. Jerawat adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Selain itu, jerawat juga dapat disebabkan pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati dan berbagai macam kotoran.

Munculnya jerawat dipicu oleh beberapa faktor mulai dari faktor genetik, hormon, hingga suatu kebiasaan. Healthline menjelaskan bahwa munculnya jerawat disebabkan oleh kebersihan kulit yang tidak terjaga. Siapa sangka jika kebiasaan-kebiasaan berikut ini terlihat sepele tapi sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan jerawat di wajah.

Simak 3 kebiasaan sepele yang mudah memicu jerawat ini. Jangan anggap remeh!

1. Rambut yang dibiarkan kotor dan berminyak

Rambut ternyata dapat menjadi penyebab utama tumbuhnya jerawat di sekitar wajah. Rambut yang kotor dan berminyak apabila mengenai wajah akan menjadi penyebab jerawat muncul. Oleh karena itu, sering-seringlah cuci rambut dengan benar.

Selain itu, hindari rambut terlalu sering mengenai wajah. Apabila kamu punya poni, kamu juga perlu berhati-hati. Pasalnya, poni sering mengenai dahi, terlebih jika rambut tersebut berminyak karena bisa menyumbat pori-pori.

2. Tidak menjaga kebersihan kuku

Kebiasaan sepele lain yang jarang diketahui tapi bisa memicu jerawat adalah tidak memotong dan menjaga kebersihan kuku. Kuku yang panjang cenderung membawa bakteri. Terlebih jika kamu memiliki kebiasaan memegang wajah dan malas mencuci tangan atau membersihkan kuku secara teratur.

Jerawat dapat meradang apabila terlalu sering disentuh secara tidak sengaja dan berlebihan. Bakteri yang bersarang dalam tangan dan kuku yang kotor dapat berpindah ke wajah. Bukannya jerawat menghilang karena 'dimusnahkan' dengan dipencet, tapi justru menyebabkan infeksi lebih dalam.

3. Tangan yang usil

Jerawat bisa menyebabkan tiga faktor utama, yaitu kelebihan minyak, sel kulit mati yang menumpuk, dan bakteri. Bakteri umumnya disebabkan oleh tangan yang kerap menyentuh wajah.

Menyentuh wajah dalam bentuk apa pun seperti menggaruk, menggosok, menyangga wajah, atau hanya sekadar usil menyentuhnya memudahkan perpindahan mikroorganisme yang mampu menimbulkan jerawat.

Tangan yang secara sadar maupun tidak sadar telah memegang beberapa benda yang tentunya tidak terbebas dari kotoran, bakteri, dan virus kemudian kamu gunakan untuk memegang wajah. Tentu tidak steril, bukan?

Memiliki tangan usil yang sering menyentuh wajah dapat memperbesar perpindahan bakteri. Selain itu, menyentuh wajah juga dapat merangsang kulit untuk menghasilkan minyak lebih banyak. Peningkatan produksi minyak ini dapat menyumbat pori dan membuat jerawat semakin sulit hilang.

Itulah tiga kebiasaan sepele yang kerap dianggap remeh, tapi mudah memicu jerawat. Oleh karena itu, untuk mengurangi jerawat yang berlebih dan meradang, mulailah untuk meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak