facebook

5 Aplikasi Wajib untuk Bisnis Online, Pastikan Kamu Sudah Pasang!

Diat Anugrah
5 Aplikasi Wajib untuk Bisnis Online, Pastikan Kamu Sudah Pasang!
Ilustrasi transaksi online (pixabay)

Usaha atau bisnis online menjadi pilihan banyak orang dalam upaya memperoleh pundi-pundi uang. Hal ini setidaknya disebabkan oleh fleksibilitas yang didapat dari bisnis online. Kita dapat mengatur waktu dan cara kerja kita sendiri. Oleh sebab itulah usaha ini dapat dikerjakan oleh siapapun mulai dari pelajar hingga ibu rumah tangga sekalipun.

Meskipun fleksibel dan dapat diatur sendiri, usaha online harus dikelola dengan serius jika ingin mendapat hasil yang optimal. Terlebih bila kegiatan tersebut menjadi sumber utama pendapatan. 

Untuk mengelola usaha atau bisnis online, ada beberapa aplikasi wajib yang harus dipasang di ponsel pintar kamu. Berikut ini beberapa aplikasi wajib untuk bisnis online.

1. Aplikasi Editor Foto

Memulai dan menjalankan bisnis online dalam bentuk apapun memerlukan foto atau gambar sebagai media promosi. Foto yang bagus dapat menarik pelanggan untuk membeli produk.

Oleh karena itu, pelaku bisnis online wajib memiliki aplikasi untuk mengedit gambar di ponsel pintarnya. Aplikasi ini berguna untuk mengedit foto agar menjadi lebih menarik. Selain itu, aplikasi ini juga berfungsi untuk memberi watermark pada gambar kita agar tidak dicuri dan disalahgunakan oleh orang lain.

2. Aplikasi E-Commerce

Sebagai pelaku bisnis online, kita harus menginstal aplikasi e commerce atau marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, dan berbagai aplikasi sejenis lainnya. Aplikasi ini berfungsi sebagai tempat kita berjualan.

3. Aplikasi Sosial Media

Kalau e commerce adalah tempat berjualan, aplikasi sosial media seperti Facebook dan Instagram dapat kita gunakan sebagai alat dan media promosi. Jangkau sebanyak mungkin orang dengan sosial media kita. Karena semakin banyak orang yang kita jangkau, kian besar pula potensi untuk mendapat pelanggan. Selain itu, media sosial juga bisa langsung digunakan sebagai tempat berjualan.

4. Aplikasi Mobile Banking atau e-wallet

Zaman serba digital bukan berarti transaksi online sepenuhnya aman. Selalu saja ada orang-orang jahat yang memanfaatkan kesempatan untuk melakukan kejahatan. Modus kejahatanpun dari waktu ke waktu semakin beragam. 

Oleh karena itu, pelaku bisnis online wajib menginstal aplikasi mobile banking agar dapat memeriksa uang masuk dan uang keluar dengan mudah, tanpa harus ke ATM. Jika tidak memiliki rekening bank, kita dapat menggunakan aplikasi e wallet seperti Dana, Linkaja, atau aplikasi lainnya sebagai alat untuk bertransaksi.

5. Aplikasi Suplier

Jika kita tidak memproduksi sendiri produk yang kita tawarkan secara online, alangkah baiknya bila kita menginstal aplikasi suplier yang menyediakan barang baik untuk dropshipper maupun reseller. Aplikasi ini berfungsi agar kita dapat memperoleh produk yang ingin kita tawarkan.

Demikianlah 5 aplikasi wajib untuk bisnis online. Ayo pasang agar usahamu selalu lancar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak